Rokhman, Nissa Mawarda (2020) Learners' anxiety, self-efficacy, and personality as predectiors of learners' speaking performance/ Nissa Mawarda Rokhman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari sumbangan efektif dari kecemasan siswa efikasi diri dan kepribadian yang merupakan bagian dari faktor afektif yang berkontribusi terhadap performa mereka dalam berbicara. Ketiga faktor afektif tersebut dipilih karena terdapat banyak penelitian terdahulu yang membuktikan bahwa kecemasan efikasi diri ataupun kepribadian siswa berkorelasi terhadap performa siswa dalam berbicara. Namun belum ada yang meneliti ketiga faktor afektif tersebut secara bersamaan berkorelasi terhadap performa siswa dalam berbicara. Kemudian masih belum ada pula penelitian tentang afektif faktor yang manakah yang paling besar memberi kontribusi secara efektif terhadap performa siswa dalam berbicara. Untuk mengungkap hal tersebut peneliti harus mencara dahulu ada atau tidaknya hubungan dari variabel predictor (kecemasan efikasi diri kepribadian siswa) terhadap performa siswa dalam berbicara. Kemudian peneliti mencari regresi untuk mengetahui kontribusi variable predictor terhadap variable criterion. Setelah itu peneliti baru mendapatkan jawaban tentang faktor afektif mana yang paling berkontribusi terhadap variabel kriterion dengan menggunakan rumus Sumbangan Efektif (SE). Terdapat tiga macam kuesioner tentang kecemasan efikasi diri dan kepribadian yang digunakan untuk mengukur ketiga faktor afektif siswa. Kuesioner tersebut terdiri dari empat pilihan jawaban mulai dari sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Sedangkan untuk performa siswa saat berbicara diukur dengan tes berbicara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (R .785). Sehingga analisa data dapat dilanjutkan memakai analisa regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat 61.6% (R2) kontribusi secara bersama-sama dari ketiga faktor afektif terhadap performa berbicara siswa. Kemudian kontribusi yang efektif dari masing-masing variabel prediktor dapat dihitung menggunakan rumus SE (Sumbangan Efektif). Hasil menunjukkan bahwa kecemasan efikasi diri dan kepribadian siswa berkontribusi masing-masing 18.9% 32.5% and 10.2% secara berurutan terhadap performa siswa dalam berbicara. Dengan demikian efikasi diri menjadi faktor yang paling efektif berkontribusi terhadap performa siswa dalam berbicara. Jika siswa tidak punya bekal cukup untuk mempunyai rasa percaya terhadap kemampuannya sendiri saat belajar ia tidak akan bisa mendapatkan nilai yang baik. Sehingga sudah mejadi tugas dari para pendidik untuk membangun kepercayaan diri siswa dan meyakinkan mereka bahwa mereka bisa mengerjakannya lebih baik lagi. Perancang kurikulum juga harus mempertimbangkan tentang bagaimana materi mengajar dapat disusun dengan baik dan tepat sasaran sesuai kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254749 |
Actions (login required)
View Item |