Automatic speech recognition and students' perception of ITS aplication/ Andi Reza Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Automatic speech recognition and students' perception of ITS aplication/ Andi Reza Maulana

Maulana, Andi Reza (2020) Automatic speech recognition and students' perception of ITS aplication/ Andi Reza Maulana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbicara merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari suatu bahasa. Siswa terkadang merasa gugup dan tertekan bila harus melatih kemampuan berbicara di hadapan instruktur atau orang lain. Oleh karena itu diperlukan suasana yang dapat mendorong siswa untuk melatih kemampuan berbicara mereka. Suasana ini bisa didapatkan dengan menggunakan teknologi pengenalan suara otomatis di mana siswa dapat melatih kemampuan berbicara secara individu tanpa merasa gugup atau tertekan. Hal ini dikarenakan siswa berlatih dihadapan sebuah komputer. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan dengan upaya menghasilkan sebuah produk yang dapat membuat suasana yang mendorong siswa untuk melatih kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data untuk mengetahui persepsi siswa ketika menggunakan produk pengenalan suara otomatis yang digunakan dalam penelitian ini. Peserta penelitian ini adalah 28 mahasiswa tahun awal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengembangkan sebuah produk yang memanfaatkan teknologi pengenalan suara otomatis. Berdasarkan persepsi siswa tentang penggunaan produk ini menunjukkan bahwa dapat digunakan sebagai media pendukung untuk latihan berbicara dalam Bahasa inggris para siswa setuju bahwa bentuk kegiatan dan bahan yang digunakan dalam produk ini dapat membantu siswa berlatih berbicara secara individual. Ini dikarenakan fitur yang digunakan pada aplikasi ini dapat menganalisis kesalahan siswa dalam mengucapkan kata frasa atau kalimat dari teks yang tersedia. Aplikasi ini juga membantu siswa menilai tingkat pengucapan dan kelancaran berbicara mereka. Berdasarkan hasil dari penelitian saat aplikasi ini digunakan ditempat yang ramai disarankan agar pengguna menggunakan mikrofon karena suara lain mungkin dapat masuk melalui input laptop atau PC pengguna. Itu membuat beberapa peserta mengeluh bahwa terkadang mereka harus berbicara dengan keras ke mikrofon yang ada di laptop atau PC mereka sehingga aplikasi dapat menangkap suara mereka. Karena mikrofon tidak dapat mendeteksi suara dengan stabil skor terkadang tidak mencerminkan kemampuan berbicara pengguna aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254748

Actions (login required)

View Item View Item