The Effect of using youtube videos on students' writing descriptive text across learning styles/ Rakhmad Felanie - Repositori Universitas Negeri Malang

The Effect of using youtube videos on students' writing descriptive text across learning styles/ Rakhmad Felanie

Felanie, Rakhmad (2020) The Effect of using youtube videos on students' writing descriptive text across learning styles/ Rakhmad Felanie. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Felanie Rakhmad. 2020. The Effect of Using Youtube Videos on Students rsquo Writing Descriptive Text across Learning Styles.Thesis Graduate Program English Language Teaching. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Adivisor (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. Keyword Video Youtube teks descriptif gaya belajar. Membuat proses belajar di dalam kelas menjadi menarik dan membuat siswa bisa menulis dengan baik adalah tantangan dan harapan dari semua guru. Untuk membantu siswa mencapai hal tersebut perlu sebuah teknik yang dapat mencapai tujuan tersebut. Guru juga harus mempertimbangkan gaya belajar siswa sehingga mereka bisa memberikan performa yang maksimal. Menggunakan video Youtube adalah satu teknik yang bisa digunakan. Video Youtube memberikan kepada siswa banyak informasi dan kosakata baru yang memberikan gagasan untuk membuat karya tulis mereka sendiri. Berhubungan dengan hal itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari penggunaan video Youtube terhadap kemampuan menulis teks descriptive siswa lintas gaya belajar audio dan visual. Penelitian ini adalah penelitian faktorial kuasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel non acak digunakan dalam penelitian ini. Siswa semester pertama SMK N 1 Amuntai adalah subjek penelitian ini. Peneliti mengambil kelas yang diperbolehkan oleh sekolah untuk melakukan penelitian. Tiga puluh tiga dari kelas X Multimedia 1 sebagai kelas experimen dan tiga puluh empat dari kelas X Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Dua puluh Sembilan berasal dari Kelas X Multimedia 1 dan tiga puluh orang dari Kelas X multimedia 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test awal dan test akhir dan kuisioner dengan media video Youtube. Two Way Anova (Analysis of Variance) digunakan untuk menganalisis dua variable yaitu prestasi menulis dan gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai menulis siswa yang diajar menggunakan video Youtube lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan video Youtube. Ditemukan pula bahwa siswa dengan gaya belajar visual kemampuan menulisnya lebih baik dari pada siswa dengan gaya belajar audio. Mengenai pengaruh penggunaan video Youtube terhadap nilai prestasi siswa ditemukan bahwa ada pengaruh dari penggunaan video Youtube terhadap kemampuan menulis siswa sebesar .04. Level signifikan lebih rendah dari .05 (.04 lt .05). Artinya ada pengaruh yang signifikan. Akan tetapi ditemukan nilai sebesar .863 untuk pengaruh gaya belajar terhadap nilai prestasi siswa. Nilai tersebut lebih besar dari .05 yang artinya tidak significant. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan video Youtube layak digunakan guru di sekolah sebagai media dalam teknik mengajar. Siswa yang belajar menggunakan video Youtube lebih baik prestasinya daripada yang tidak menggunakan video Youtube. Penggunaan Youtube terbukti berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa. Untuk menerapkan penggunaan dari video Youtube dalam kelas menulis akan berarti jika guru menyiapkan video dan alat-alat mengajar sebelum kelas dimulai. Disarankan juga kepada peneliti berikutnya menggunakan video Youtube dalam keterampilan bahasa yang lain untuk melihat potensi dari penggunaan video Youtube dalang pembelajaran bahasa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254747

Actions (login required)

View Item View Item