Undergraduate students' metacognitive awarness and grammar achievement/ Amin Kurdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Undergraduate students' metacognitive awarness and grammar achievement/ Amin Kurdi

Kurdi, Amin (2020) Undergraduate students' metacognitive awarness and grammar achievement/ Amin Kurdi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurdi A. 2020. Undergraduate Students rsquo Metacognitive Awareness and Grammar Achievement. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D. (2) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Kata Kunci Metacognitive Awareness Grammar Achievement Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kemungkinan adanya korelasi yang signifikan dan positif antara Metacognitive Awareness siswa dan pencapaian mereka dalam Grammar. Metacognitive Awareness adalah kemampuan siswa dalam mengimplementasikan Metacognitive Strategies seperti merencanakan mengawasi mengkaji-ulang ataupun mengevaluasi. Pencapaian Grammar mengacu pada hasil siswa dalam penguasaan Grammar pada tingkatan tertentu berdasarkan penilaian seperti tes Grammar. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan Metacognitive Awareness sebagai variabel penentu dan pencapaian Grammar siswa sebagai variabel tujuan. Subyek yang dipilih adalah mahasiswa semester satu dalam program studi Bahasa Inggris strata 1 (S1) dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Seluruh populasi berjumlah 100 orang siswa dipilih sebagai sampel. Akan tetapi dalam tahap pengumpulan data ada 13 orang siswa yang tidak berhadir. Oleh karena itu hanya 87 orang siswa yang terlibat sebagai responden penelitian ini. Kelas yang dipilih sebagai target adalah Intensive English terbagi kedalam 5 kelas dari A1 sampai A5. Pengumpulan data dilakukan dalam salah satu pertemuan di setiap kelas. Ada dua instrumen yang dibagikan kepada responden yaitu angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan tes Grammar. Data yang terkumpul menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi secara normal karenanya formula Pearson digunakan dalam analisis data. Hasil dari analisis mengungkapkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan dan positif antara Metacognitive Awareness dan pencapaian Grammar siswa. Indeks korelasinya adalah .577 dan tingkat signifikansinya .000. Dari nilai koefisien korelasi diatas nilai probabilitas dari Metacognitive Awareness sebagai prediktor dalam pencapaian Grammar siswa ditemukan 33 3% atau sepertiga dari seluruh sampel. Lebih lanjut Evaluation adalah prediktor positif yang paling dominan dengan indeks korelasi .494 dan tingkat signifikansi .000 sementara Planning adalah prediktor positif yang paling lemah dengan nilai koefisien korelasi pada .220 dan nilai signifikansi .041. Dari hasil diatas dosen dianjurkan untuk menggunakan Metacognitive Strategies dalam pembelajaran Grammar untuk membangun Metacognitive Awareness siswa. Untuk para peneliti selanjutnya menggunakan format maupun kisi kisi soal berbeda dalam tes Grammar atau menggunakan instrumen berbeda dalam pengukuran Metacognitive Awareness siswa dapat dilakukan untuk mengetahui hubungan lebih dalam antara dua variabel tersebut. Mereka juga dapat mengadakan penelitian eksperimental tentang penggunaan Metacognitive Strategies dalam kelas Grammar dengan tujuan serupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254746

Actions (login required)

View Item View Item