Inovasi pendidikan dalam novel totto-chan: gadis cilik di jendela karya Tetsuko Kuroyanagi/ Reza Fahlevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi pendidikan dalam novel totto-chan: gadis cilik di jendela karya Tetsuko Kuroyanagi/ Reza Fahlevi

Fahlevi, Reza (2020) Inovasi pendidikan dalam novel totto-chan: gadis cilik di jendela karya Tetsuko Kuroyanagi/ Reza Fahlevi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fahlevi R. 2020. Inovasi Pendidikan Dalam Novel Totto-Chan Gadis Cilik Di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi Terjemahan Widya Kirana. Pembimbing (1) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Pembimbing (2) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd Kata Kunci inovasi pendidikan novel Totto-chan Banyak sumber yang dapat dijadikan dalam meningkatkan inovasi pendidikan salah satunya melalui sebuah karya sastra. Karya sastra saat ini dianggap kurang memiliki peran dalam kehidupan selain hanya sebagai sebuah bacaan hiburan. Oleh karena itu perlu adanya Penelitian tentang karya sastra untuk menunjukkan banyaknya manfaat karya sastra tersebut dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu karya sastra yang berperan penting terhadap inovasi dalam dunia pendidikan adalah novel Totto-chan. Banyak sekali kutipannya yang mengandung proses inovasi pendidikan yang berpengaruh kepada karakter para tokoh peserta didik dilingkungannya baik di Sekolah dan di Rumah. Novel Totto-chan telah mengurai secara luas perjuangan guru untuk mengubah paradigma pendidikan yang memahami kebutuhan pembelajar secara kreatif inovatif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menunjukkan pada novel Totto-chan terdapat inovasi pendidikan dalam segi metode pembelajaran yang terarah sesuai psikologi kebutuhan belajar dan gaya belajar anak didik untuk menghasilkan nilai-nilai sikap yang lebih baik menemukan peran tenaga pendidik dan fasilitas sekolah yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah Tomoe Gakuen yang terdapat dalam novel Totto-chan. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian kualitatif deskriptif. Objek Penelitian adalah novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi yang diteliti setiap dialog monolog dan narasi pada kutipannya untuk menemukan inovasi-inovasi pendidikan di sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela. Data dikumpulkan dengan studi dokumen berupa kutipan-kutipan teks narasi monolog dan dialog yang terdapat di dalam novel Totto-chan Kuroyanagi sebagai data primer. Data-data dari beberapa kutipan yang mengandung inovasi pendidikan tersebut ditemukan pada beberapa bidang seperti a) metode pembelajaran di sekolah tomoe gakuen dalam novel totto-chan gadis cilik di jendela b) tenaga kependidikan di sekolah tomoe gakuen dalam novel totto-chan gadis cilik di jendela dan c) Fasilitas Pendidikan di Sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela. Hasil temuan pada data memaparkan berupa kutipan-kutipan teks narasi monolog dan dialog tentang inovasi pendidikan yang telah diterapkan oleh sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela pada beberapa bidang seperti pada metode pembelajaran yang diterapkan sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela diantaranya adalah metode 1) multiple intellegences 2) Outdoor Learning 3) tanya jawab 4) metode demonstrasi 5) metode simulasi dan 6) metode ceramah. Kemudian hasil temuan pada data berupa kutipan teks narasi monolog dan dialog inovasi yang dilakukan oleh tenaga kependidikan di sekolah Tomoe Gakuen dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela terdiri atas 1) pengelola satuan pendidikan (Mr. Kobayashi sebagai Kepala Sekolah dan Kementerian Pendidikan Jepang) 2) tenaga pendidik (Mr. Maruyama sebagai Guru sekolah Tomoe Gakuen Mr. Kobayashi sebagai Guru dan Guru yang memberikan penilaian/raport) dan 3) tenaga kependidikan (Guru petani Ryo-chan tukang kebun sekolah dan Mama Totto-chan). Terakhir hasil temuan yang diperoleh dari data berupa kutipan teks yang menunjukkan inovasi pendidikan dalam novel Dalam Novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela terletak pada fasilitas pendidikan sekolah Tomoe Gakuen yang terdiri atas 1) Fasilitas Secara Langsung (Gerbang sekolah berbentuk dua batang kayu gedung sekolah berupa gerbong kereta api kelas gerbong kereta api pengaturan tempat duduk perpustakaan gerbong kereta api dan aula serba guna) dan 2) Fasilitas secara tidak langsung (Jalanan menuju kuil Kuhonbutsu kolam renang dan kuil sengakuji).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254716

Actions (login required)

View Item View Item