Tindak tutur direktif dalam khotbah pendeta di gereja kristen protestan kotra Malang/ Ade Rikky Bongo - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur direktif dalam khotbah pendeta di gereja kristen protestan kotra Malang/ Ade Rikky Bongo

Bongo, Ade Rikky (2020) Tindak tutur direktif dalam khotbah pendeta di gereja kristen protestan kotra Malang/ Ade Rikky Bongo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konsep tindak tutur direktif dalam khotbah pendeta untuk menyatakan suatu perintah. Perintah tersebut dikaji berdasarkan wujud tuturan direktif fungsi tuturan direktif dan strategi penyampaian tuturan direktif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan direktif dan konteksnya. Sumber data penelitian ini adalah khotbah pendeta di gereja Kristen Protestan yang berada di Kota Malang. Gereja-gereja di Kota Malang yang dijadikan objek penelitian terdiri atas lima gereja yaitu Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat Immanuel Malang Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Ebed Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bromo Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Jemaat Malang dan GBI Betlehem Malang. Hasil penelitian terkait wujud tuturan direktif terdiri atas tiga yaitu (1) wujud tuturan deklaratif terdiri atas pola sebab-akibat pola pernyataan membandingkan pola menyampaikan fakta dan pola peribahasa (2) wujud tuturan imperatif terdiri atas pola ldquo mari/marilah rdquo pola ldquo coba rdquo pola ldquo jangan rdquo pola ldquo hati-hati rdquo pola ldquo ayo rdquo dan pola jika-maka dan (3) wujud tuturan interogatif terdiri atas pola kalimat tanya retorik pola menjawab ldquo Amin rdquo pola menjawab ldquo Shalom rdquo dan pola menjawab dengan gerakan. Fungsi tuturan direktif terdiri atas tiga yaitu (1) fungsi tuturan deklaratif terdiri atas pola menyampaikan informasi pola menyuruh pola menasihati pola mengingatkan dan pola melarang (2) fungsi tuturan imperatif terdiri atas pola mengajak pola mengingatkan pola menyuruh pola melarang dan pola menyarankan dan (3) fungsi tuturan interogatif terdiri atas pola menyarankan pola mengajak pola memberi kritik pola menyepakati informasi dan pola menyuruh. Strategi penyampaian tuturan direktif terdiri atas tiga yaitu (1) strategi penyampaian tuturan deklaratif secara langsung terdiri atas pola pengulangan informasi pola mengaitkan informasi dan pola pernyataan meyakinkan. Strategi penyampain tuturan deklaratif secara tidak langsung terdiri atas pola menceritakan kisah dan pola membalik makna (2) strategi penyampaian tuturan imperatif secara langsung terdiri atas pola menceritakan kisah tokoh dalam Alkitab pola perintah secara halus pola membuka ayat Alkitab pola menggunakan kata larangan pola pengulangan makna dan pola pernyataan argumentasi dan (3) strategi penyampaian tuturan interogatif secara langsung terdiri atas pola pertanyaan refleksi dan pola satu jawaban pasti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 01:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254715

Actions (login required)

View Item View Item