Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman bahasa indonesia bagi pelajar Thailand tingkat menengah / Ni-ameenah Dereh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman bahasa indonesia bagi pelajar Thailand tingkat menengah / Ni-ameenah Dereh

Dereh, Ni-ameenah (2021) Pengembangan bahan ajar membaca pemahaman bahasa indonesia bagi pelajar Thailand tingkat menengah / Ni-ameenah Dereh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ni-ameenah Dereh. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia bagi Pelajar Thailand Tingkat Menengah. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd., (II) Dr. Titik Harsiati, M.Pd. Kata kunci: bahan ajar, membaca pemahaman, pelajar Thailand, tingkat menengah Thailand dan Indonesia memiliki hubungan yang erat. Bahasa dan budaya Indonesia telah menjadi minat utama bagi pelajar Thailand yang ingin datang ke Indonesia. Membaca pemahaman merupakan kemampuan awal yang perlu dikuasai dalam perkuliahan. Minat belajar bahasa Indonesia bagi pelajar Thailand semakin hari semakin bertambah dan pada masa depan akan lebih banyak yang tertarik belajar melalui adanya bahan ajar yang memudahkan mereka mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar pemahaman membaca dan menghasilkan produk bagi pelajar Thailand tingkat menengah. Pengembangan ini menggunakan pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap, mulai dari penelitian dan pengumpulan informasi hingga revisi produk akhir. Hasil pengembangan dan penelitian ini menunjukkan bahan ajar membaca pemahaman ini layak digunakan. Hasil validasi ahli bahan ajar sebesar mencapai 90,2% menunjukkan bahwa produk terkategori cukup layak digunakan. Hasil validasi ahli kegrafikaan mencapai 93,7% yang menyebabkan produk terkategori sangat layak diterapkan. Hasil validasi ahli pembelajaran BIPA mencapai 60,3% yang berarti produk termasuk dalam kategori cukup layak digunakan. Berdasarkan penilaian dari para ahli pembelajaran BIPA dan ahli bahan ajar, produk ini masuk dalam kategori layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia bagi pelajar Thailand. Sementara itu, penilaian pada 10 pelajar Thailand dalam uji lapangan menunjukkan lebih dari 80% memahami bahasa Indonesia sehingga produk ini dapat dikategorikan layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi, terdapat saran dan masukan dari para ahli. Pada komponen penyajian dan isi, masukan dan saran dapat diaplikasikan pada bagian (a) kedalaman materi dan (b) latihan membaca pemahaman. Pada komponen kegrafikaan, desain bahan ajar perlu ditingkatkan. Pada komponen bahasa, masukan dan saran dapat diaplikasikan pada aspek (a) penggunaan bahasa Indonesia yang tepat dan (b) latihan soal pemahaman bacaan. Berdasarkan hasil penelitian, para peneliti disarankan melakukan penyebarluasan informasi dan mengembangkan suplemen. Suplemen yang dimaksudkan adalah upaya mengembangkan berbagai strategi kegiatan pembelajaran agar lebih menarik bagi pelajar Thailand. Maka, bahan ajar yang dikembangkan dapat menjadi buku pelajaran membaca pemahaman bahasa Indonesia pada pelajar Thailand yang mendekati kesempurnaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254703

Actions (login required)

View Item View Item