Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen fantasi kritis bersumber cerita rakyat situbondo untuk siswa kelas XI SMA / Sutrisno Gustiraja Alfarizi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen fantasi kritis bersumber cerita rakyat situbondo untuk siswa kelas XI SMA / Sutrisno Gustiraja Alfarizi

Alfarizi, Sutrisno Gustiraja (2021) Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen fantasi kritis bersumber cerita rakyat situbondo untuk siswa kelas XI SMA / Sutrisno Gustiraja Alfarizi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar menulis teks cerpen fantasi kritis bersumber cerita rakyat Situbondo untuk siswa kelas XI SMA. Bahan ajar yang dikembangkan memberikan inovasi melalui cerita rakyat Situbondo sebagai sumber belajar dan strategi menulis cerpen fantasi. Berdasarkan studi pendahuluan dengan cara telaah buku teks, kegiatan wawancara, dan penyebaran angket prapengembangan diperoleh dua informasi penting. Pertama, peserta didik memiliki pengetahuan konsep cerpen, tetapi tidak terampil dalam menulis cerpen. Kedua, buku teks belum sesuai dengan kebutuhan lokal peserta didik. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk memperbaiki kondisi materi menulis cerpen fantasi sekaligus mengakomodasi cerita rakyat Situbondo sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menantang dan peserta didik lebih mengenal asal-usul daerahnya. Model penelitian pengembangan yang digunakan mengadaptasi ADDIE dari Branch (2009). Tahapan dalam model ADDIE terdiri atas (1) analisis kebutuhan (analyze), (2) desain (design), (3) pengembangan (develop), (4) implementasi (implement), dan (5) evaluasi (evaluate). Produk yang dikembangkan berupa buku teks yang memuat materi pembelajaran menulis cerpen fantasi kritis dalam tiga unit pembelajaran. Setiap unit memiliki strategi menulis cerpen fantasi dan model cerita rakyat yang berbeda. Bahan ajar ini juga dilengkapi dengan elemen visual berupa foto, kotak, dan ilustrasi cerita. Uji validasi bahan ajar ini melibatkan tiga validator ahli dan satu validator praktisi guru Bahasa Indonesia, yakni (a) ahli pengembangan bahan ajar, (b) ahli pembelajaran menulis cerpen fantasi, (c) ahli cerita rakyat Situbondo, dan (d) praktisi guru Bahasa Indonesia. Uji produk bahan ajar ini melibatkan 21 peserta didik yang ditunjuk oleh guru Bahasa Indonesia SMAN 2 Situbondo. Dari kegiatan uji validasi dan uji produk diperoleh dua data. Pertama, data numeral berisi hasil kuantifikasi lembar validasi dan lembar uji produk sebagai pedoman interpretasi kelayakan produk. Kedua, data verbal berisi komentar atau saran-saran dari validator dan subjek uji produk sebagai acuan merivisi bahan ajar. Selain itu, dilakukan uji keefektifan bahan ajar melalui tiga tahapan, yaitu (1) pemberian pretes menulis cerpen fantasi bersumber cerita rakyat Situbondo, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar, dan (3) pemberian postes menulis cerpen fantasi bersumber cerita rakyat Situbondo. Dari tiga kegiatan tersebut diperoleh skor nilai pretes dan postes menulis cerpen fantasi sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar. Kegiatan uji validasi bahan ajar menghasilkan persentase kelayakan sebesar 93%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata penilaian masing-masing aspek, yakni (1) sistematika sebesar 92%, (2) subtansi sebesar 89%, (3) kebahasaan sebesar 98%, dan (4) kegrafikaan sebesar 91%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kualifikasi sangat layak dan siap untuk diimplementasikan. Kegiatan uji produk menghasilkan persentase kelayakan sebesar 87%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata penilaian masing-masing aspek, yakni (1) sistematika sebesar 93%, (2) subtansi sebesar 89%, (3) kebahasaan sebesar 89%, dan (4) kegrafikaan sebesar 91%. Kegiatan uji keefektifan diperoleh dengan melakukan uji normalitas dan uji beda menggunakan perangkat lunak program SPSS 26.0. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar menulis cerpen fantasi bersumber cerita rakyat Situbondo memiliki pengaruh untuk meningkatkan nilai siswa dan efektif untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, diperoleh dua saran sebagai berikut. Pertama, kepada guru Bahasa Indonesia di Situbondo dapat memanfaatkan bahan ajar ini untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Kedua, kepada pengembang bahan ajar yang sebidang ilmu dapat menjadikan produk ini sebagai alternatif acuan model. Selain itu, dapat menggunakan jenis teks dengan mempertimbangkan konten lokal di daerahnya sehingga peserta didik dapat lebih kreatif dan kritis sekaligus mendapatkan pengalaman yang bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254702

Actions (login required)

View Item View Item