Budaya literasi sastra siswa SMA Negeri 5 Malang / Ekol Pambudianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Budaya literasi sastra siswa SMA Negeri 5 Malang / Ekol Pambudianto

Pambudianto, Ekol (2021) Budaya literasi sastra siswa SMA Negeri 5 Malang / Ekol Pambudianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budaya literasi adalah suatu kebiasaan atau perilaku individu yang terpola serta mengakar kuat dalam dirinya seseorang dengan nilai-nilai makna dan pandangan hidup ditopang dengan kemampuan baca-tulis. Budaya literasi menjadi tonggak pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas berpengetahuan kreativitas-inovasi berkarakter dan bermental tangguh menghadapai perkembangan global atau zaman. Perkembangan global dalam berbagai disiplin ilmu yang sudah dirasakaan sekarang ini tentunya harus disadari dan budaya literasilah yang menjadi palang pintu pertama dan utama bagi kemajuan peradaban manusia masyarakat dan bangsa Indonesia modern supaya kehidupan lebih berkembang bermakna dan maju baik secara pribadi sosial maupun kultural serta spiritual sesuai perkembangan zaman. Hidup di abad pengetahuan kreativitas-inovasi saat ini segala sesuatu bertumpu pada pengetahuan dan kreativitas-inovasi. Pengetahuan dan kreativitas-inovasi dapat diperoleh dengan baik apabila seseorang mampu membangun budaya literasi yang kuat dalam dirinya. Tanpa penguasaan budaya literasi yang kuat memungkinkan seseorang kesulitan untuk membentuk pengetahuan dan kreativitas-inovasinya secara layak kemudian niscaya akan menjadikannya terancam tergeser terpinggirkan bahkan tergusur dari bidang kehidupan mutakhir perkembangan zaman. Hal itu menjadikan budaya literasi perlu dibangun dan dikuasai seseorang sampai melekat serta mendarah daging dalam dirinya. Membentuk budaya literasi dapat dilakukan sejak dini terutama pada siswa sebagai generasi muda harapan bangsa Indonesia. Membentuk budaya literasi siswa lingkungan sekolah dapat memanfaatkan karya sastra fiksi. Karya sastra fiksi dapat dimanfaatkan sebagai stimulus untuk membangun semangat literasi siswa. Karya sastra fiksi menyajikan kisah-kisah yang menyenangkan menggugah imajinasi dan mengandung pesan moral tertentu melalui bahasa yang unik serta informatif. Karya sastra fiksi juga membangun kepekaan perasan kekritisan berpikir ketajaman sikap dan mampu menjadikan pembelajar yang kreativitas-inovasi. Hal itu menjadikan karya sastra fiksi memungkinkan untuk dimanfaatkan siswa sebagai stimulus membangun budaya literasinya. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan studi kasus tunggal. Tujuannya mendeskripsikan (1) aktor penggiat budaya literasi sastra (2) sumber membentuk budaya literasi sastra (3) lingkungan budaya literasi sastra (4) aktivitas budaya literasi sastra dan (5) dinamika budaya literasi sastra. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Malang. Data penelitian ini berupa informasi budaya literasi sastra siswa di SMA Negeri 5 Malang. Sumber data penelitian ini adalah wakil kepala sekolah guru bahasa Indonesia kepala perpustakaan dan siswa kelas XI lintas jurusan. Peneliti menggunakan pedoman pelacakan data yang meliputi observasi wawancara angket siswa dan studi dokumentasi. Hasil penjaringan data penelitian di SMA Negeri 5 Malang menunjukkan bahwa terdapat enam aspek yang membentuk budaya literasi sastra siswa. Enam aspek yakni (1) peran dan usaha aktor penggiat budaya literasi sastra (2) sumber membentuk budaya literasi sastra (3) lingkungan budaya literasi sastra (4) program GLS (5) aktivitas budaya literasi sastra dan (6) aktivitas berkenaan literasi digital. Enam aspek sudah memberikan dampak perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan perilaku siswa yang mengarah ke budaya baca-tulis di lingkungan sekolah. Akan tetapi perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan yang terjadi belum sepenuhnya terjadi pada seluruh siswa. Perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan budaya literasi sastra belum sebanding dengan jumlah siswa di lingkungan sekolah. Aktivitas literasi sastra masih belum menjadi sebuah aktivitas yang digemari sebagai stimulus membentuk budaya literasi sastra siswa. Hal itu menjadikan secara umum siswa masih dikategorikan menuju ke arah budaya literasi sastra. Siswa yang belum tumbuh kebiasaan literasinya masih perlu dorongan semangat secara intensif konsisten dan berkelanjutan seluruh pemangku kepentingan. Lingkungan sekolah dapat melibatkan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat untuk mendorong kebiasaan literasi siswa. Keterlibatan lingkungan memberi dorong perubahan-perubahan atau perbedaan-perbedaan mengarah ke budaya literasi siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa di SMA Negeri 5 Malang masih dikategorikan menuju ke arah budaya literasi. Secara umum siswa belum sepenuhnya memiliki kesadaran untuk membentuk budaya literasi dalam dirinya. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua saran yang dapat disampaikan. Pertama saran hasil penelitian ini diperuntunkan bagi kepala sekolah dan tim kegiatan literasi guru bahasa Indonesia pustakawan kemendikbud dan dinas pendidikan terkait orang tua siswa serta penggiat literasi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar penetuan kebijakan dan penganggaran referensi pertimbangan serta evaluasi berkaitan budaya literasi siswa. Secara umum hasil penelitian ini sudah menjawab dan menggambarkan kondisi budaya literasi siswa pada jenjang SMA/SMK di kota Malang. Hal itu dikarenakan dalam penelitian ini sudah melewati tahap penelitian terdahulu dan studi pendahuluan. Hasil itu menjadikan penelitian ini cukup komprehensif sebagai bahan pertimbangan dan bandingan bagi pihak berkepentingan untuk melihat budaya literasi di kalangan siswa. Kedua hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan acuan sekaligus bahan bandingan oleh peneliti lain yang meneliti budaya literasi sastra siswa. Peneliti lain juga disarankan melakukan penelitian lanjutan yang cangkupanya lebih luas. Tidak hanya satu lingkup sekolah melainkan bisa satu jenjang sekolah dasar menengah menengah atas dan di jenjang perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254700

Actions (login required)

View Item View Item