Argumentasi dalam teks pidato mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Malang / Dedi Gunawan Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Argumentasi dalam teks pidato mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Malang / Dedi Gunawan Saputra

Saputra, Dedi Gunawan (2021) Argumentasi dalam teks pidato mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Negeri Malang / Dedi Gunawan Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Argumentasi berkaitan erat dengan pola pikir seseorang untuk mencapai tujuan komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan untuk mengungkapkan hasil tulisan argumentasi merupakan kemampuan yang sangat penting karena dapat mengungkapkan ide gagasan dan pengalaman tersebut sebagai ciri kecendekiaan. Argumentasi yang baik tentunya dapat meyakinkan orang lain secara maksimal. Tulisan argumentasi juga dapat memberikan pembuktian alasan dan ulasan terkait objek yang mendasari dalam sebuah argumentasi. Adapun fokus penelitian ini yaitu komponen argumentasi model argumentasi dan gaya penulisan argumentasi. Data penelitian ini berupa kata kalimat dan paragraf dari teks pidato mahasiswa. Sumber data penelitian ini adalah teks pidato mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Mahasiswa S1 yang dijadikan sumber data merupakan mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pemusatan pada fokus penelitian penyeleksian pada data khusus yang dominan penyajian data yang memuat beberapa aspek dan penyimpulan untuk analisis teks pidato mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa argumentasi dalam teks pidato mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang memuat komponen model dan gaya penulisan argumentasi yang bervariasi. Ketiga hal tersebut telah dikonstruksikan oleh mahasiswa dalam teks pidato. Komponen model dan gaya penulisan tersebut memiliki bentuk konkret dan fungsi masing-masing dalam memperkuat argumentasi yang dikemukakan dalam teks pidato mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Komponen claim terdapat pernyataan posisi yang menyajikan hal-hal yang kontroversi memaparkan kejadian atau peristiwa secara langsung menyampaikan baik atau buruk terhadap suatu hal. Selain itu pada komponen claim terdapat penjabaran hal-hal yang perlu ada atau tidak ada dalam sebuah argumen dan penyampaian ekspresi atau simpulan yang dapat diterima. Komponen data terdapat beberapa fakta yang memaparkan laporan untuk mempertahankan posisi ditemukan juga pemarkah sebab karena bukti dan faktanya. Komponen warrant terdapat pernyataan untuk mempertahankan posisi mempunyai fungsi sebagai penjelas keandalan dari pembuktian posisi. Komponen backing terdapat pemaparan pengalaman-pengalaman bagi pembenaran asumsi terdapat ciri khas berupa ungkapan hasil wawancara penyataan pakar dan hasil penelitian. Komponen modal qualifier terdapat ungkapan yang mempunyai fungsi untuk menunjukkan derajat kepastian atau kualitas suatu pernyataan terdapat pemarkah perlu pasti harus tentu saja agaknya kiranya rupanya dan mungkin. Komponen rebuttal terdapat pemaparan sanggahan atau pengecualian terdapat pemarkah kecuali jika dan jika...maka. Selain pemarkah dalam rebuttal juga terdapat fungsi untuk mengurangi atau menguatkan posisi atau pernyataan awal. Model argumentasi dalam teks pidato dibedakan menjadi lima model. Model pertama pola penyajian argumentasi memuat claim dan data (C-D). Pada model pertama ini tidak ditemukan variasi lain dari model utama C-D. Model kedua memuat claim data dan warrant (C-D-W). Pada model kedua ini tidak terdapat juga variasi lain dari model utama C-D-W. Model ketiga memuat claim data warrant dan backing (C-D-W-B). Pada model ketiga ini terdapat satu variasi lain dari model utama yaitu C-W-B-D. Pada model keempat memiliki urutan model utama yaitu claim data warrant backing dan modal qualifier (C-D-W-B-MQ). Pada model keempat ini terdapat satu variasi lain dari model utama yaitu C-D-B-MQ-W. Model kelima memuat claim data warrant backing modal qualifier dan rebuttal (C-D-W-B-MQ-R). Pada model ini terdapat dua variasi lain dari model utama yaitu C-MQ-D-W-R-B sebagai variasi pertama dan C-W-MQ-B-D-R sebagai variasi kedua. Gaya penulisan argumentasi digolongkan menjadi tujuh yaitu gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan definisi gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan sebab dan akibat gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan keadaan sirkumstansi gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan persamaan gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan perbandingan gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan pertentangan dan gaya penulisan argumentasi dengan menggunakan kesaksian otoritas. Beberapa gaya penulisan yang digunakan tersebut merefleksikan strategi mengemukakan argumentasi dalam teks pidato mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254697

Actions (login required)

View Item View Item