Pengembangan e-modul menulis puisi berbasis aplikasi desia (digital electronic system integrated application) untuk siswa Kelas X SMA / Astria Prameswari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menulis puisi berbasis aplikasi desia (digital electronic system integrated application) untuk siswa Kelas X SMA / Astria Prameswari

Prameswari, Astria (2022) Pengembangan e-modul menulis puisi berbasis aplikasi desia (digital electronic system integrated application) untuk siswa Kelas X SMA / Astria Prameswari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prameswari Astria. 2021. Pengembangan E-Modul Menulis Puisi Berbasis DESIA (Digital Electronic System Integrated Application) untuk Siswa Kelas X SMA. Tesis. Jurusan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roekhan M.Pd. (2) Dr. Didin Widyartono M.Pd. Kata kunci pembelajaran puisi modul elektronik digital DESIA Penelitian pengembangan bahan ajar ini mengambil kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan pada materi puisi. Bahan ajar yang digunakan dirancang dengan bentuk modul elektronik (e-modul). E-modul ini disajikan kepada guru dan siswa ke dalam aplikasi yang dinamai dengan DESIA (Digital Electronic System Integrated Application). Tujuan penelitian ini menghasilkan e-modul berbasis DESIA mendeskripsikan kelayakan e-modul berbasis DESIA dan mendeskripsikan keefektifan e-modul berbasis DESIA dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X SMA. Bahan ajar e-modul berbasis DESIA ini dirancang dengan tahapan menyusun modul versi cetak terlebih dahulu. Modul cetak ini didasarkan dari hasil jabaran kompetensi dasar menjadi indikator pencapaian kompetensi. Selanjutnya indikator tersebut dibagi menjadi materi-materi yang akan disajikan dalam modul. Setelah modul cetak disusun modul cetak diubah dalam bentuk digital dengan mengintegrasikan modul ke dalam DESIA. Setelah DESIA dirancang peneliti memasukkan e-modul ke dalam DESIA. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi menganalisis unsur pembangun dan menulis puisi dengan tetap menggunakan teknologi digital. Pengembangan bahan ajar digital ini juga diharapkan dapat melatih guru agar terbiasa menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini menggunakan tahapan dalam ASSURE. Menurut (Smaldino dkk. 2012a) ASSURE terdiri atas enam langkah pengembangan yakni analyze learners characteristics state performance objective select methods media and materials utilize materials requires learners participants evaluate and revise. Hasil pengembangan adalah produk bahan ajar berbentuk e-modul yang diintegrasikan dengan hasil pengembangan laman bernama DESIA (Digital Electronic System Integrated Application). Modul Bahasa Indonesia dirancang untuk kompetensi dasar Menganalisis Unsur Pembangun Puisi dan Menulis Puisi Berdasarkan Unsur Pembangunnya. Kedua kompetensi dasar tersebut dijabarkan menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan tujuan pembelajaran. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan IPK dan tujuan pembelajaran menjadi lima unit modul yang berisi materi dan lima unit lain yang berisi penilaian. Modul yang telah dirancang kemudian didigitalisasi menjadi e-modul berbasis DESIA. E-modul yang berbasis DESIA diuji kelayakannya menggunakan uji rerata hasil validasi para validator. E-modul mendapatkan skor di atas 85 dan jika dikonversi termasuk dalam kategori bahan ajar yang sangat layak dan tidak diperlukan banyak revisi. Uji kedua adalah uji keefektifan produk melalui desain kuasi eksperimen di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya adalah terdapat perbedaan rerata di kedua kelas yang menjadi simpulan bahwa e-modul menulis puisi berbasis DESIA efektif digunakan sebagai bahan ajar di kelas X SMA. Pengembangan e-modul berbasis DESIA ini memiliki keterbatasan seperti 1) hanya dapat digunakan untuk jenjang kelas X SMA 2) pemanfaatan e-modul berbasis DESIA harus didukung dengan adanya jarinngan internet 3) e-modul hanya memuat satu pasangan kompetensi dasar dan 4) e-modul berbasis DESIA yang merupakan hasil pengembangan laman statis membuat isi DESIA tidak bisa dikreasikan oleh para guru Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254695

Actions (login required)

View Item View Item