Ningsih, Sulastya (2020) Analisis implementasi model pembelajaran montessori dalam membentuk karakter disiplin pada anak usia dini di TK ABA 36 Malang/ Sulastya Ningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ningsih Sulastya. 2020. Analisis Implementasi Model Pembelajaran Montessori dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Anak Usia Dini di TK ABA 36 Malang. Tesis. Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (1) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd (2) Dr. Adi Atmoko M. Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Montessori Karakter Disiplin Karakter disiplin harus dibentuk sejak dini supaya anak terbiasa dalam mematuhi peraturan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Disiplin dapat distimulasi dengan berbagai metode salah satunya adalah model pembelajaran Montessori. Melalui model pembelajaran Montessori anak dilatih dengan alat peraga Montessori yang dirancang untuk menstimulasi indera kognitif bahasa serta melalui kekebasan anak dapat berdisiplin diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelaksanaan dan evaluasi dalam model pembelajaran montesori dalam membentuk karakter disiplin pada anak TK ABA 36 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek peneltian adalah seorang kepala sekolah guru kelas dan guru pendamping 15 anak TK B serta 2 orangtua. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan proses reduksi data penyajian data dan verfikasi data agar menjaga keabasahan data ketekunan /keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengajarkan disiplin terhadap anak melalui pembiasaan tauladan dan konsisten. Di TK ABA 36 Malang anak sudah berkembang sangat baik dalam disiplin diri terlihat dari anak merapikan mainan setelah menggunakannya mencuci tangan dengan tertib menjaga ruangan kelas berdoa dan menata sepatu dan membuang sampah pada tempatnya. Dalam model pembelajaran Montessori anak diberikan kebebasan dalam melakukan kegiatan belajar akan tetapi mampu menjadikan anak disiplin diri mandiri serta bertanggung jawab. Displin dalam satu ruang kelas Montessori yang baik tidak muncul dari pemaksaan kehendak guru pada anak-anak tapi dari perkembangan pemahaman tujuan dalam diri anak yang berangsur-angsur yang dimulai dalam kegiatan terfokus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254693 |
Actions (login required)
View Item |