Implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online di TK Al-Hidayah xi Bendogerit Kota Blitar / Hari Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online di TK Al-Hidayah xi Bendogerit Kota Blitar / Hari Yulianto

Yulianto, Hari (2021) Implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online di TK Al-Hidayah xi Bendogerit Kota Blitar / Hari Yulianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yulianto Hari. 2021. Implementasi Penilaian Perkembangan Anak Berbasis Aplikasi Online di TK Al-Hidayah XI Bendogerit Kota Blitar. Tesis Prodi S2 ndash Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imron Arifin M.Pd (II) Dr. Sri Wahyuni M.Pd Kata Kunci Penilaian Perkembangan Anak Aplikasi Online Penilaian perkembangan anak merupakan proses untuk mengukur tingkat pencapaian perkembangan anak yang dilakukan secara berkelanjutan sistematis dengan menggunakan pendekatan yang otentik. Salah satu hal yang dapat diunggulkan di TK Al Hidayah XI Bendogerit yaitu penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online. Penelitian ini difokuskan pada implementasi dan faktor pendukung serta penghambat penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online di TK Al Hidayah XI Bendogerit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data dengan menggunakan model analisis Miles Huberman. Proses analisis data dilakukan mulai pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan hadir secara langsung untuk melaksanakan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online di TK Al Hidayah XI Bendogerit sudah terlaksana. Guru secara berkala sudah mengimplementasikan penilaian perkembangan anak berbasis online dimulai dari penilaian yang bersifat harian mingguan bulanan semester dan hasil penilaian terekap secara otomatis sehingga prosesnya menjadi lebih efisien. Penilaian perkembangan anak berbasis aplikasi online juga dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam proses penginputan data penilaian perkembangan anak fleksibel karena dapat diakses menggunakan handphone android dan perangkat lainnya meminimalisir penggunaan kertas serta proses pengarsipan lebih aman karena data secara otomatis tersimpan di dalam sistem. Hal-hal yang masih senantiasa perlu diupayakan untuk ditingkatkan yaitu sumber daya pendidik dalam mengoperasikan aplikasi peremajaan perangkat yang sesuai dengan spesifikasi minimun dan akses jaringan internet yang terkadang masih lemah ketika guru menginputkan penilaian dari rumah. Dalam hal ini tidak menjadi kendala yang signifikan pada proses implementasi penilaian aplikasi berbasis online di TK Al-Hidayah XI Bendogerit dikarenakan efektifitas dan efisiensi waktu dalam proses penilaian memberikan kemudahan bagi guru dalam mengimplementasikan tahapan penilaian secara sistematis berkelanjutan dan menggunakan pendekatan yang otentik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254686

Actions (login required)

View Item View Item