Pengembangan media Mopol-Kids aspek kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi di Bandarkedungmulyo Jombang / Dian Nurlita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Mopol-Kids aspek kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi di Bandarkedungmulyo Jombang / Dian Nurlita Sari

Sari, Dian Nurlita (2022) Pengembangan media Mopol-Kids aspek kemampuan membaca permulaan pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Pertiwi di Bandarkedungmulyo Jombang / Dian Nurlita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap kemampuan membaca permulaan anak Kelompok B yang dilakukan di TK Pertiwi ditemukan permasalahan kurangnya variasi media yang digunakan dalam proses belajar anak sesuai dengan karakteristik anak dalam perkembangan bahasa yang berkaitan dengan kemampuan membaca pada anak Kelompok B. Penelitian ini ujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran mopol-kids untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian dan pengembangan dirancang dengan menggunakan model ADDIE meliputi lima tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation and Evaluation. Validasi media mopol-kids dilakukan oleh ahli materi ahli media dan ahli bahas. Subjek uji coba dalam penelitian ini sejumlah lima belas anak yang meliputi dua kelompok yaitu subjek uji coba kelompok kecil sebanyak tiga anak dan subjek uji coba kelompok besar sebanyak dua belas anak. Alat pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi wawancara studi dokumentasi angket dan lembar validasi ahli. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang pada bulan November 2021. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa mopol-kids sebagai media pembelajaran anak Kelompok B. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat valid dengan revisi uji validasi ahli media media pembelajaran diperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat valid dengan revisi dan persentase validasi ahli bahasa sebesar 90 62% dengan kriteria sangat valid dengan revisi. Adapun hasil uji coba pada kelompok kecil diperoleh 92 50% dengan kriteria sangat valid serta uji coba kelompok besar sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian dan pengembangan ini bahwa media mopol-kids yang dikembangkan dinyatakan valid atau layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media mopol-kids layak digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam pembelajaran membaca permulaan anak Kelompok B (usia 5 mdash 6 tahun). Media mopol-kids diharapkan dapat diujicobakan pada subjek yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan oleh pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254685

Actions (login required)

View Item View Item