Analisis rate of return investasi pendidikan tinggi program studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang/ Nur Luthfi Ardhian - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis rate of return investasi pendidikan tinggi program studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang/ Nur Luthfi Ardhian

Ardhian, Nur Luthfi (2020) Analisis rate of return investasi pendidikan tinggi program studi Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang/ Nur Luthfi Ardhian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi difasilitasi oleh banyaknya pilihan pendidikan tinggi di Indonesia. Ketika biaya pendidikan tinggi semakin mahal maka individu perlu memiliki pertimbangan untuk menginvestasikan dirinya baik dalam pemilihan jenis pendidikan tinggi jurusan maupun program studi (selanjutnya disebut dengan prodi). Beberapa pertimbangan yang digunakan mencakup prospek kerja dan pendapatan yang akan diperoleh individu di masa depan. Terkait dengan prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan atau prodi pendidikan tinggi hingga saat ini diketahui masih banyak alumni pendidikan tinggi yang mengalami mismatch antara pendidikan dan pekerjaan. Begitupun dengan yang terjadi pada Program Studi (Prodi) Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Jumlah alumni yang bekerja di bidang non pendidikan diketahui lebih tinggi daripada alumni yang bekerja di bidang pendidikan. Fenomena mismatch ini secara langsung akan berpengaruh pada pendapatan yang diperoleh alumni. Melihat bahwa pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia dalam jangka panjang dan pendapatan merupakan hasil dari investasi maka hal ini tentu dapat dikaitkan dengan besar biaya pendidikan yang dikeluarkan oleh orang tua atau individu selama ia menempuh pendidikan. Layak atau tidaknya investasi tersebut dapat diketahui melalui pendapatan yang diperoleh individu setelah lulus dari pendidikan tinggi dengan penghitungan rate of return (Ror). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan (1) besar biaya pendidikan alumni selama menempuh pendidikan di Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM (2) perbedaan besar biaya pendidikan yang dikeluarkan alumni Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM (3) perbedaan besar biaya pendidikan antara alumni laki-laki dan perempuan (4) perbedaan besar biaya pendidikan antara alumni dengan pembiayaan beasiswa dan reguler (5) perbedaan besar biaya pendidikan antara alumni yang berdomisili Malang tinggal indekos dan tinggal dengan kerabat (6) lama masa tunggu alumni (7) jenis pekerjaan alumni berdasarkan konsep Cashflow Quadrant (8) ror alumni dan (9) perbedaan Ror antara alumni laki-laki dan perempuan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif menggunakan rancangan expost facto dengan teknik deskriptif-komparatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM dengan subjek alumni angkatan tahun 2010-2014. Populasi penelitian terdiri dari 491 orang alumni. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 123 orang menggunakan teknik purposive random sampling. Sasaran penelitian difokuskan pada tingkat pengembalian investasi pendidikan atau rate of return of investment. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk Google Form. Teknik analisis data adalah deskriptif-komparatif dan Ror. Hasil penelitian ini dibagi menjadi beberapa bagian yakni biaya pendidikan profil Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM dan Ror investasi alumni prodi. Pertama terkait biaya pendidikan penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan biaya yang dikeluarkan alumni Prodi Administrasi FIP UM mencapai Rp 197.097.432 00. Di samping itu diketahui pula terdapat perbedaan biaya pendidikan jika didasarkan pada tahun angkatan jenis kelamin dan student living expenses. Sedangkan untuk biaya pendidikan berdasarkan jenis pembiayaan diketahui tidak ada perbedaan. Kedua terkait profil Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM jika dilihat dari segi masa tunggu diketahui lama masa tunggu alumni berada pada rentang waktu 0-3 bulan yang dapat dikatakan ideal. Adapun jika dilihat dari jenis pekerjaan yang ditekuni alumni diketahui karyawan/pegawai/pekerja memiliki frekuensi tertinggi. Ketiga untuk Ror imvestasi pendidikan alumni Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM untuk masa studi 4 dan 5 tahun dapat dikatakan layak. Di samping itu diketahui pula terdapat perbedaan Ror jika dilihat dari segi masa studi dan jenis kelamin alumni. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dikemukakan implikasi hasil penelitian yang meliputi implikasi teoritis dan implikasi praktis. Implikasi teoritis merujuk pada harapan untuk hasil penelitian dijadikan sebagai referensi tambahan terkait dengan kajian ilmu Ekonomi Pendidikan dan sumber atau acuan dalam penelitian pengembangan dalam bahasan Ror investasi pendidikan tinggi. Adapun untuk implikasi praktisnya mengacu pada harapan agar hasil penelitian ini mampu dijadikan bahan untuk saran dan acuan dalam evaluasi Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM pada khususnya. Selain itu hasil penelitian ini pun diharapkan mampu untuk dijadikan bahan pertimbangan alumni SMA/SMK sederajat dalam pemilihan prodi pendidikan tinggi. Merujuk pada implikasi tersebut dapat dirumuskan beberapa saran yang ditujukan pada beberapa pihak di antaranya adalah (1) Fakultas Ilmu Pendidikan UM terkait tindak lanjut analisis tingkat pengembalian investasi dalam lingkup fakultas (2) Ketua Juruasn Administrasi Pendidikan FIP UM terkait dengan evaluasi relevansi layanan/bimbingan karir bagi mahasiswa dan pembaharuan informasi (3) mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan FIP UM terkait dengan keaktifan dalam pencarian informasi mengenai prospek kerja yang relevan dunia kerja keterampilan yang dibutuhkan sesuai perkembangan pasar kerja dan (4) peneliti lain terkait dengan penelitian pengembangan sebagai kontinuitas penelitian dalam bidang yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254675

Actions (login required)

View Item View Item