Perdana, Dyas Bintang (2021) Pembinaan profesional dan kemampuan mengajar guru (mixed method study pada sekolah dasar di kota Malang) / Dyas Bintang Perdana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru berperan penting dalam kegiatan pembelajaran dan diharapkan mampu menciptakan situasi belajar yang efektif. Pembelajaran yang efektif tersebut diharapkan juga akan meningkatkan kualitas karakter dan hasil belajar siswa. Dengan tingkat profesional yang tinggi maka sebuah pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang profesional akan memberikan hasil yang maksimal. Upaya mempersiapkan calon guru profesional dengan kemampuan mengajar yang mumpuni harus didukung dengan kegiatan pembinaan profesional yang optimal juga. Pembinaan guru dipandang sebagai arahan maupun tindak lanjut untuk mengembangkan kompetensi guru dengan menyesuaikan kebutuhan kegiatan pendidikan. Adanya faktor-faktor tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul ldquo Pembinaan Profesional dan Kemampuan Mengajar Guru (Mixed Method Study Pada Sekolah Dasar di Kota Malang) rdquo . Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tingkat pembinaan profesional guru Sekolah Dasar di Kota Malang beserta pelaksanaannya (2) mendeskripsikan tingkat dan implementasi kemampuan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Malang serta (3) mengetahui korelasi antara pembinaan profesional guru dengan kemampuan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Malang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed method) dengan rancangan penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Strategi yang digunakan dalam mixed method penelitian ini adalah strategi metode campuran konkuren dan dengan desain triangulasi konkuren. Penelitian ini dilakukan pada guru Sekolah Dasar di Kota Malang dengan cara penyebaran angket wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil analisis data yang dilakukan berhasil mendapatkan responden kepala sekolah dan guru berada pada kategori sangat tinggi untuk variabel pembinaan profesional guru. Sementara untuk variabel kemampuan mengajar mendapatkan responden kepala sekolah dan guru pada kategori sangat tinggi. Koefisien korelasi yang diuji dengan analisis korelasi Bivariate Pearson didapatkan nilai Sig. (2-tailed) antar variabel sebesar 0 000 lt 0 05 pada responden kepala sekolah dan guru yang mengartikan terdapat korelasi yang signifikan antara pembinaan profesional guru dengan kemampuan mengajarnya. Sedangkan pada nilai r hitung (Pearson Correlations) didapatkan nilai sebesar 0 682 gt 0 576 (r tabel) pada responden kepala sekolah dan 0 675 gt 0 576 (r tabel) pada responden guru. Penelitian ini berhasil mengungkap bahwa (1) tingkat pembinaan profesional guru Sekolah Dasar di Kota Malang dalam kategori sangat tinggi dan pelaksanaan pembinaan profesional guru dilakukan secara kolaboratif baik secara internal atau eksternal (2) tingkat kesiapan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Malang dalam kategori sangat tinggi dan implementasinya sudah dilakukan dengan optimal baik dari kegiatan pembuka inti dan penutup dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara pembinaan profesional guru dengan kemampuan mengajar guru Sekolah Dasar di Kota Malang. Diketahui bahwa pembinaan profesional guru Sekolah Dasar di Kota Malang berada pada kategori yang sangat tinggi. Hal ini menandakan bahwa guru-guru sangat memerlukan pembinaan baik yang bersifat internal dan juga eksternal. Perlu adanya penyelenggaraan pembinaan profesional bagi guru yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan para guru oleh kepala sekolah. Pengawasan dan penilaian terhadap kinerja guru sebaiknya dilakukan secara objektif dan komprehensif agar kekurangan dari guru dapat diketahui secara detil. Sehingga kekurangan yang ditemukan pada kegiatan pengawasan evaluasi atau supevisi menjadi landasan yang kuat untuk diberikan pembinaan. Kemampuan mengajar merupakan sebuah hal yang harus menjadi perhatian lebih baik dari guru maupun kepala sekolah. Guru Sekolah Dasar di Kota Malang diharapkan lebih inovatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut termasuk dalam menemukan strategi maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu penyusunan media pembelajaran juga harus lebih inovatif agar dapat membuat materi pembelajaran yang disampaikan lebih konkret khususnya kepada siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar di Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254671 |
Actions (login required)
View Item |