Pengaruh good university governance terhadap kepercayaan mahasiswa melalui education management information system dan excellent service di universitas brawijaya / GHASA FARAASYATUL `ALAM - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh good university governance terhadap kepercayaan mahasiswa melalui education management information system dan excellent service di universitas brawijaya / GHASA FARAASYATUL `ALAM

`alam, Ghasa Faraasyatul `alam (2021) Pengaruh good university governance terhadap kepercayaan mahasiswa melalui education management information system dan excellent service di universitas brawijaya / GHASA FARAASYATUL `ALAM. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

lsquo Alam Ghasa Faraasyatul. 2021. Pengaruh Good University Governance terhadap Kepercayaan Mahasiswa melalui Education Management Information System dan Excellent Service di Universitas Brawijaya. Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. (II) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd. M.Si. Kata Kunci good university governance kepercayaan mahasiswa education management information system excellent service Perguruan tinggi dalam dunia pendidikan revolusi industri 4.0 menjadi sebuah peluang emas yang cukup menarik untuk dapat berlomba-lomba dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bertaraf internasional. Salah satu caranya yaitu dengan pengimplementasian Good University Governance (GUG) dalam setiap proses manajemen pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Berkaitan dengan implementasi GUG posisi perguruan tinggi dalam Indonesia telah merosot di mata dunia berdasarkan data QS World University Rankings 2021 yang diadakan pada 1000 universitas terbaik dari 84 negara. Perhitungan dari lima tahun terakhir hanya tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang masuk dalam daftar 500 besar peringkat universitas dunia. Fenomena yang demikian itulah membuat semua PTN di Indonesia harus bekerja lebih keras lagi supaya bisa masuk dalam 500 besar peringkat dunia termasuk Universitas Brawijaya yang memiliki julukan kampus biru dan kampus entrepreneur. Pada tahun 2019 hingga tahun 2021 Universitas Brawijaya tetap bertahan pada peringkat keenam untuk keseluruhan universitas yang ada di Negara Republik Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities. Universitas terbaik di Indonesia versi Time Higher Education 2022 juga menunjukkan hasil yang sama Universitas Brawijaya tetap berada pada peringkat keenam. Universitas Brawijaya belum bisa menaikkan peringkatnya ke prestasi ranking yang lebih tinggi dari sebelumnya selama lebih kurang tiga tahun berjalan. Menanggapi problematika yang dihadapi maka solusi terbaik yang ditawarkan adalah dengan menganalisis kembali sistem tata kelola universitas atau proses manajemennya sesuai dengan himbauan Bapak Presiden Republik Indonesia. Pengaruh dari pengimplementasian GUG juga akan berkaitan erat dengan tingkat kepercayaan para mahasiswa sebagai mitra utama perguruan tinggi melalui peningkatan kinerja Education Management Information System (EMIS) yang dapat memantau setiap kebutuhan pendidikan dan penyediaan excellent service yang efektif untuk keperluan akademik di Universitas Brawijaya. Penerapan konsep sistem tata kelola universitas yang baik dapat dijadikan sebagai rambu-rambu bagi manajemen universitas serta bisa menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Konsep sistem tata kelola universitas ini kedepannya akan menjadi pedoman bagi universitas untuk mencapai visi misi dan tujuan sebagai institusi perguruan tinggi secara profesional yang telah disesuaikan dengan salah satu sasaran strategis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020-2024. Adapun tujuan utama dari penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui EMIS dan excellent service di Universitas Brawijaya. Metode penelitiannya menggunakan penelitian kuantitatif dengan regression design dan berjenis survey menurut persepsi dari mahasiswa jenjang pendidikan S1 Universitas Brawijaya di Kota Malang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 340 responden yang diambil berdasarkan populasi mahasiswa lebih kurang sekitar 15.000 orang di Universitas Brawijaya yang menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner secara online dan menggunakan teknik analisis data secara deskriptif dengan bantuan dari program IBM SPSS AMOS 22. Langkah-langkah dari model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan analisis jalur (path analysis) antara lain adalah pengembangan model dibuat berdasarkan pada teoritis penyusunan diagram jalur (path diagram) mengubah diagram jalur menjadi sebuah persamaan struktural pemilihan matrik input untuk analisis menilai identifikasi model struktural melakukan evaluasi estimasi model dan interpretasi yang mempengaruhi model. Hasil penelitian pertama telah menunjukkan bahwa implementasi prinsip-prinsip GUG di Universitas Brawijaya mendapatkan jumlah rata-rata keseluruhan indikator senilai 4.32 yang tergolong sangat baik dengan skor A. Implementasi tersebut menggunakan lima dimensi antara lain transparency (transparansi) accountability (akuntabilitas) responsibility (responsibilitas) independence (independensi) dan fairness (keadilan). Implikasinya adalah GUG sangatlah penting dikelola secara profesional tanpa adanya intervensi dan pengaruh tekanan dari pihak manapun supaya tanggung jawab pengelola perguruan tinggi dapat dijalankan sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing. Hasil penelitian kedua telah menunjukkan bahwa implementasi prinsip GUG dalam peningkatan kinerja EMIS jumlah rata-rata keseluruhan indikator senilai 4.30 yang tergolong sangat baik dengan skor A. Implementasi tersebut menggunakan tiga dimensi antara lain system quality (kualitas sistem) information quality (kualitas informasi) dan service quality (kualitas pelayanan). Implikasinya adalah EMIS dibutuhkan untuk menjembatani GUG dan kepercayaan mahasiswa sehingga kualitas pelayanan EMIS yang diberikan menjadi lebih cepat serta terpusat kepada mahasiswa secara individu dalam penanganan masalah EMIS pendidikan di Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ketiga telah menunjukkan bahwa implementasi prinsip GUG dalam menyediakan excellent service untuk mahasiswa memiliki jumlah rata-rata keseluruhan indikator senilai 4.30 yang tergolong sangat baik dengan skor A. Implementasi tersebut menggunakan lima dimensi antara lain reliability (keandalan) assurance (jaminan) tangible (bukti langsung) empathy (empati) dan responsiveness (daya tanggap). Implikasinya adalah excellent service sangatlah diperlukan untuk menjembatani GUG dan kepercayaan mahasiswa sehingga kualitas excellent service dari pihak pelayanan administrasi yang diberikan menjadi lebih akurat serta bisa memuaskan setiap mahasiswa tanpa adanya prosedur yang berbelit-belit. Hasil penelitian keempat telah menunjukkan bahwa implementasi prinsip GUG dalam membangun tingkat kepercayaan mahasiswa memiliki jumlah rata-rata keseluruhan indikator senilai 4.37 yang tergolong sangat baik dengan skor A. Implementasi tersebut menggunakan lima dimensi antara lain honesty (kejujuran) competence (kompetensi) dependability (keterkaitan) benevolence (niat baik) dan likeability (kesukaan). Implikasinya adalah kepercayaan mahasiswa harus ditunjang oleh beberapa prinsip GUG beserta faktor-faktor pendukung lainnya seperti EMIS maupun excellent service sehingga tingkat kepercayaan pada diri mahasiswa menjadi semakin tinggi dengan adanya keterbukaan dan kejujuran yang nantinya akan membuat Universitas Brawijaya mempunyai integritas besar. Hasil penelitian kelima telah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara GUG terhadap EMIS di Universitas Brawijaya. Pada output analisis data penelitian terdapat nilai Critical Ratio (CR) sebesar 16.446 gt 1.96 dengan tanda positif mengartikan bahwa GUG terhadap EMIS mempunyai pengaruh yang positif. Tingkat signifikansi Probability (P) sebesar lt 0.05 menunjukkan adanya sebuah pengaruh GUG terhadap EMIS yang signifikan. Hasil penelitian keenam telah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara GUG terhadap excellent service di Universitas Brawijaya. Pada output analisis data penelitian menunjukkan adanya nilai Critical Ratio (CR) sebesar 7.471 gt 1.96 dengan tanda positif mengartikan bahwa GUG terhadap excellent service mempunyai pengaruh yang positif. Tingkat signifikansi Probability (P) sebesar lt 0.05 menunjukkan adanya sebuah pengaruh GUG terhadap excellent service yang signifikan. Hasil penelitian keetujuh telah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara GUG terhadap kepercayaan mahasiswa di Universitas Brawijaya. Pada output analisis data penelitian menunjukkan adanya nilai Critical Ratio (CR) sebesar -0.850 lt 1.96 bertanda negatif itu mengartikan bahwa GUG terhadap kepercayaan mahasiswa mempunyai efek yang negatif. Tingkat signifikansi Probability (P) sebesar 0.395 gt 0.05 menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara GUG terhadap kepercayaan mahasiswa. Hasil penelitian kedelapan telah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui EMIS di Universitas Brawijaya. Pada output analisis data penelitian menunjukkan perhitungan dari nilai Z Sobel yaitu sebesar 2.031 gt 1.96 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.027 dan bertanda positif mengartikan bahwa GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui EMIS mempunyai pengaruh yang positif. Tingkat signifikansi menunjukkan adanya pengaruh GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui EMIS yang bisa dikatakan signifikan. Hasil penelitian kesembilan telah menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui excellent service di Universitas Brawijaya. Pada output analisis data penelitian menunjukkan perhitungan dari nilai Z Sobel yaitu sebesar 6.880 gt 1.96 dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.201 dan bertanda positif mengartikan bahwa GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui excellent service mempunyai pengaruh yang positif. Tingkat signifikansi tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh GUG terhadap kepercayaan mahasiswa melalui excellent service yang bisa dikatakan signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254668

Actions (login required)

View Item View Item