Pengungkapan sustainability report pada kinerja bank: perspektif maqashid syariah / Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengungkapan sustainability report pada kinerja bank: perspektif maqashid syariah / Arini

Arini (2021) Pengungkapan sustainability report pada kinerja bank: perspektif maqashid syariah / Arini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arini. 2021. Pengungkapan Sustainability Report Pada Kinerja Bank Perspektif Maqashid Syariah. Tesis Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Satia Nur Maharani S.E. M. SA. Ak (2) Dr. Dodik Juliardi S.E. M. M. Ak Kata Kunci Sustainability report kinerja bank syariah maqashid syariah Pergesaran pandangan dalam dunia bisnis menjadikan berbagai industri lebih memperhatikan faktor kondisi lingkungan serta masyarakat sekitar. Hal ini mendukung proses pembangunan yang berorientasi keseimbangan dan keberlanjutan. Sustainability report atau laporan keberlanjutan merupakan laporan perusahaan yang menyajikan informasi keberlanjutan ekonomi lingkungan dan sosial. Laporan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban bank kepada stakeholder yang diyakini mampu meningkatkan citra positif dan kinerja bank. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menerapkan dan meyakini nilai-nilai Islam dalam aktivitas bisnisnya. Hal ini menjadikan filosofi dan karakteristik bank syariah berbeda sehingga indikator pengukuran kinerja bank syariah pun tentunya berbeda dengan bank konvensional. Pengukuran kinerja bank syariah yang tepat yakni menggunakan indikator pengukuran kinerja berbasis hukum syariah atau maqashid syariah. Penelitian ini mengevaluasi pengaruh pengungkapan sustainability report pada kinerja bank yang ditinjau dari perspektif maqashid syariah. Pengungkapan sustainability report diukur menggunakan indikator GRI Financial Services Sector Disclosures yang disinergikan dengan nilai-nilai Islam. Sedangkan indikator pengukuran kinerja bank syariah menggunakan maqashid syariah indeks yang terdiri dari pemeliharaan agama (diin) pemeliharaan harta (maal) pemeliharaan jiwa (nafs) dan pemeliharaan akal ( lsquo aql) serta pemeliharaan keturunan (nasl). Sampel penelitian ini adalah bank syariah di Indonesia dan Malaysia periode pelaporan 2014-2018. Untuk menganalisis data penelitian ini menggunakan regresi data panel karena data penelitian berupa gabungan data time series dan cross section. Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan sustainability report tidak berpengaruh positif terhadap kinerja bank pemeliharaan agama (diin). Hal ini karena bank syariah tidak mengungkapan indikator sustainability report yang mampu merefleksikan kinerja pemeliharaan agama. Sedangkan pada variabel kinerja pemeliharaan harta (maal) pemeliharaan jiwa (nafs) dan akal ( lsquo aql) serta pemeliharaan keturunan (nasl) menunjukkan bahwa pengungkapan sustainability report berpengaruh signifikan dengan arah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S2 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254620

Actions (login required)

View Item View Item