Rahmadani, Elissa Dwi Cahya (2020) Analisis strategi internet marketing menggunakan analisis SWOT pada UMKM batik manggur kota probolinggo/ Elissa Dwi Cahya Rahmadani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmadani Elissa Dwi Cahya. 2020. Analisis Strategi Internet Marketing Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Batik Manggur Kota Probolinggo. Tesis Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof Dr. Sudarmiatin M. Si (II) Dr. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Internet Marketing Analisis SWOT UMKM Batik Manggur. Sebagai orang Indonesia tentu pemandangan dan aktivitas kita sehari-hari tak lepas dari berbagai layanan dan barang hasil kreasi pelaku UMKM. Adapun di era digital saat ini bahkan ada pula yang tidak memiliki toko serta hanya memasarkan produknya secara online dan belum memiliki perizinan usaha. Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis khususnya (UMKM) sudah menjadi sebuah keharusan seiring dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia. Namun sayangnya banyak UMKM yang kurang mengoptimalkan penggunaan media digital dan internet sebagai wadah pemasaran di tengah tren marketing terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah menjadi sebuah keharusan penggunaan media digital dan internet sebagai wadah pemasaran di tengah tren marketing juga terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih. Fokus penelitian ini adalah mengungkapkan bagaimana UMKM Batik Manggur Kota Probolinggo dalam pemanfaatan teknologi digital baik terkait pemahaman kendala jenis serta dampaknya terhadap pertumbuhan usaha serta strategi internet marketingnya jika dikaji dari analisis SWOT. Pendekatan penelitian menggunakan diskriptif kualitatif teknik penggalian data yang digunakan adalah wawancara mendalam pengamatan serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Batik Manggur berada pada zona growth and build. Strategi yang cocok adalah penetrasi pasar pengembangan produk atau integrasi. Posisis internet marketing pada UMKM Batik Manggur ini tergolong kurang baik karena belum ada pemanfaatan media digital yang serius dan maksimalserta literasi pengelola yang belum baik sehingga penggunaan internet marketing relatif terbatas. Faktor fasilitas pendukung yang belum memadai serta terbatasnya pelatihan juga membuat pemanfaatan internet marketing pada UMKM Batik Manggur belum maksimal . Hal ini berdampak pada kinerja UMKM yang tidak mengalami pertumbuhan yang berarti bahkan cenderung menurun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/254586 |
Actions (login required)
View Item |