Pengembangan website untuk meningkatkan kinerja bisnis usaha bengkel mobil di masa pandemi Covid-19 (studi pada Bengkel Langgeng Auto Centre (LAC) di Kabupaten Pasuruan) / Mufida Nur Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan website untuk meningkatkan kinerja bisnis usaha bengkel mobil di masa pandemi Covid-19 (studi pada Bengkel Langgeng Auto Centre (LAC) di Kabupaten Pasuruan) / Mufida Nur Arini

Arini, Mufida Nur (2021) Pengembangan website untuk meningkatkan kinerja bisnis usaha bengkel mobil di masa pandemi Covid-19 (studi pada Bengkel Langgeng Auto Centre (LAC) di Kabupaten Pasuruan) / Mufida Nur Arini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberlakuan PSBB melarang perkantoran dan sebagian besar industri untuk beroperasi menimbulkan kerugian ekonomi bagi entitas usaha dan individu. Kemerosotan konsumsi di beberapa sektor turut menuntut pelaku UMKM berpikir kreatif dan inovatif untuk memasarkan dan menjual produk secara maksimal. Selama PSBB masyarakat telah mengenal pola Work From Home (WFH) dengan segala kemudahan teknologi digital untuk menopang aktivitas. Media digital berperan sangat penting selama pandemi covid-19 melanda. Hanya saja belum semua pelaku UMKM memanfaatkan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media digital berbasis website untuk usaha bengkel mobil Langgeng Auto Centre (LAC). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Desain pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementtaion, Evaluation). Teknik analisis data meliputi analisis data hasil survei kebutuhan konsumen, mengembangkan produk yang dinilai oleh ahli materi dan ahli media, kemudian menguji keefektivitasan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Analisis kebutuhan baik dari pihak penyedia jasa maupun konsumen menunjukkan bahwa keduanya membutuhkan media website untuk dikembangkan sebagai sarana promosi maupun penyedia informasi. (2) menghasilkan produk berupa website dan telah dinyatakan layak oleh validator ahli baik ahli media maupun ahli materi. Pada uji coba juga menunjukkan bahwa baik tampilan maupun isi informasi yang tertera pada media promosi berbasis website tersebut mudah dipahami dan dapat diterima pengguna internet secara umum. (3) Uji coba efektivitas website menunjukkan bahwa kecepatan website telah sesuai standart, selain itu hasil statistik tindakan pengunjung terhitung selama 1 bulan menunjukkan bahwa situs mampu menarik pengguna internet untuk melirik halaman website dan memanfaatkan beberapa fiturnya. Olehnya dapat dikatakan adanya media promosi berbasis website ini dapat membantu kegiatan promosi usaha Langgeng Auto Centre.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254582

Actions (login required)

View Item View Item