Kajian tentang proses belajar mengajar biologi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di SMUN se-kabupaten Bangkalan / oleh Habsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang proses belajar mengajar biologi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di SMUN se-kabupaten Bangkalan / oleh Habsah

Habsah (2007) Kajian tentang proses belajar mengajar biologi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses di SMUN se-kabupaten Bangkalan / oleh Habsah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Habsah2. 003.K aiian TentangP rosesB elajarM engajarB iologi Dengan MenggunakanP endekatctKn eterampilanP rosesd i SMW Se-Kabupaten BangkalanS. kripsi J urusanP endidikanB iologi FMIPA UniversitasN egeri MalangP. embimbing(I ) Drs.S oedjonoB asoekiM . Pd ( II) Drs.F atchur RohmanM . Si. Kata Kunci ProsesB elajarM engajarK eterampilanP rosesS MU Bangkalan. Peningkatamn utu pendidikanm erupakanta nggungja wab semuap ihak bukanh anyat anggungjawabg uru.D alamb idangp endidikans eorangg uru mempunyapi eranany angp entingd alamm elaksanakapne ngajaranse bagai perencanap e laksanad anp engevaluaskie giatanb elajarm engajadr i kelas.S alahs atu caray angd igunakanu ntukm encapatiu juanp engajarayna itu denganm enerapkan pendekatakne terampilanp rosesy angt elahd iberlakukans ejakk urikulumS MU 1994. Dengand iterapkanp endekatainm dalamk egiatanb elajarm engajadr imaksudkan agarp arua nakd idik mampum enerapkand an mengelolap erolehannyab aik berupa pengetahuakne terampilanm aupuns ikapk e dalams ituasil ain akant etapid alam kenyataannysau dahkahg uru-gurub iologi di SMLINs e-kabupateBna ngkalan menerapkasne muak omponend ari pendekatakne terampilanp rosesin i dalam kegiatanb elajarm engajabr iologi .P enelitianin i bertujuanu ntuk ( 1) mengetahui apakahg uru-gurub iologi di SMUN se-kabupateBna ngkalante lahm elaksanakan pendekatakne terampilanp rosesd alamk egiatanb elajarm engajar( 2 ) mengetahui kesulitan-kesulitayna ngd ihadapig uru-gurub iologi di SMLrNs e-kabupaten Bangkaland alamr angkam elaksanakapne ndekatakne terampilanp roses( 3 ) mengetahuui sahay angd ilakukano leh guru-gurub iologi di SMUN se-kabupaten Bangkaland alamm engataskie sulitan-kesulitayna ngd ihadapi. Penelitiany angd ilakukanb ersifatd eskriptif.S ubyekp enelitianin i adalah kepalaS MUN se-kabupateBna ngkalans ejumlah8 orangd ang urub iologi yang mengajadr i kelasI II danI II di SMUN se-kabupateBna ngkalans ejumlah2 2 orang. Alat pengumpudl atad engank uesione(ra ngket)s ebagapi engumpudl atau tamad an wawancaras ebagapi engurnpudl atap elengkapA. nalisisd atay angd igunakana dalah persentase. Dari hasilp enelitiand apatd iperolehk esimpulans ebagabi erikut ( 1) Guru Biologi (94 80%)d i SMLINs e-kabupateBna ngkalante lahr nelaksanakapne ndekatan keterampilanp rosesd alamk egiatanb elajarm engajabr iologi yaitu meliputi keterampilanp rosesm engobservasrin engklasifikasmi enginterpretasmi e mprediksi mengaplikasmi erencanakapne nelitiand anm engkomunikas(i2 ) GuruB iologi (94 31%)d i SMUN se-kabupateBna ngkalanm engalamki esulitand alamr angka melaksanakapne ndekatakne terampilanp rosesd alamk egiatanb elajarm engajar biologi diantaranykae sulitanr nenentukarnn etodey angs esuaik esulitan menyesuaikaanlo kasiw aktu k esulitany angb erasakl emampuand iri siswad an kesulitanfa silitasd and ana ( 3) Usahay angd ilakukano lehg urub iologi di SMUN sekabupateBna ngkalanu ntukm engataski esulitant ersebudt iantaranya( a ) kesulitan yangb erkaitand enganp enentuanrn etodeu sahanyad enganc ara m embicarakan dengans esamag urub iologi mendiskusikadne ngans esamaa nggotaP KG meminta nasehadta ns arank epadak epalas ekolahm encobam etodeb erganti-gant(i b ) kesulitany angb erkaitand enganp enyesuaiaanl okasiw aktuu sahanydae nganc ara menambajha m di luarj am pelajaranm enambahtu gask o-kurikulery angd ikerjakan di luarj am pelajaranm engambibl agianm ateriy angp entings aja ( c) kesulitany ang berkaitand enganp enyesuaiaanl okasiw aktuu sahanyad enganc ara m embimbing siswas ecarain dividud ank elompok m emberim otivasie padas iswa m enanamkan danm eningkatkadni siplink epadas iswa m emberit ugast ambahank epadas iswa ( d) kesulitany angberkaitand engank emampuand iri siswau sahanyad engahc ara meminjama lat atau saranak e sekolahl ain mencobam enciptakana lat sendin memintata mbahand anak epadap emerintahd i luar subsidim elaluip ersetujuan kepalas ekolahb ekerjasamdae nganB Pg siswak adang-kadandgim intas umbangan dand ibebanmi embawab ahans endiri. Saran-sarayna ngd apatd iberikand iantaranya( 1 ) GuruB iologr di SMUN sekabupateBn angkalanu ntuks elalum enggunakaanl at danb ahanla boratoriumb iologi maupuns aranala in yangr rendukungp elaksanaaPnK P ( 2) KepalaS MUN sekabupateBn angkalana gaim eningkatkakne rjasamanybaa ik dengans esamanya maupund engang urub idangs tudi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25450

Actions (login required)

View Item View Item