Struktur pertanyaan dan tingkat berpikir pada pertanyaan-pertanyaan LKS biologi - praktis untuk SMU / oleh Dahlia Wardati - Repositori Universitas Negeri Malang

Struktur pertanyaan dan tingkat berpikir pada pertanyaan-pertanyaan LKS biologi - praktis untuk SMU / oleh Dahlia Wardati

Wardati, Dahlia (2007) Struktur pertanyaan dan tingkat berpikir pada pertanyaan-pertanyaan LKS biologi - praktis untuk SMU / oleh Dahlia Wardati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardati Dahlia. 2003. Strukur Pertanyaan donTingkat Berpikir Pada Pertanyaqnpertaryaan LKS Biologi-Pralais Untuk SML Skipsi Program Studi Pendidikan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (l) Drs. Pudyo Susantol.r 4 Pd. (2) Drs. TriastonoI mam Prasetyo lv Pd. Krta Kunci Struktur pertanlxaartLin gkat berpikir LKS. Dalam pembelajaranb iologi seringL KS digunakanp adak egiatanu tamad ari KBM. Hal ini berarti proses belajar siswa sering dituntut mengikuti pertanyaanpertanyaanya ng tertuangd alamI XS maka sudahs eharusnyalahL KS menyajikan pertanyaan-pertanyayaann g mampum engembangkadna n melatih kemampuan berpikir siswa Pengamatanp eneliti ketika mengikuti PPL menemukanb ahwad alam LKS yangd igunakano leh siswab anyakd rjumpai pertanyaan-pertanyaayna ngh anya mengacup adab uku teks. Pertanyaanp ertanyaanit u hanyam enuntuts iswau ntuk mengungkapke mbali informasi yang ada dalam buku teks kurangm enuntuts iswa untukm engembangkadna n melatih kemampuanb erpikir tingkat tinggi. Disamping itu penelitij uga melihat struktur pertanyaarLd an diantarap ertanyaan-p rtanyaaitnu banyak yang strukturnya hanya terdiri dari kalimat tanya dan kalimat perintah tidak dilengkapi dengan acuan atau 1n toductory Material. Penggnaan Introductory Material merupakans uatauc ara untuk mepgembangkapne rtanyaany ang menuntut kemampuanb erpikir tingkat tinggi. Hasil. ngamatante rsebutm enarik pcneliti untuk malakukan penelitian secara mendalam terhadap LKS yang digunakan di SMU Negeri Koa Malang untuk mengetahumi acarn-nracamst ruktur peranyaand an macam-macamtin gkat berpikir dari pertanyaanp ertanyaand alamL KS yang digunakan di SMU Negeri Kota Malang LKS yang dijadikan sampel pada penelitian ini addah LKS Biologi-Praktis untuk SMU Kelas L Perlu diketahui bahwa LKS ini digunakand i 9 SMU dad 10 SMU Negeri di Kota lv alang. Dalam penelitiani ni digunakanp endekafank ualitatifdenganjenis penelitian diskriptif dan dilakukan dengan instrumen berupa daftar cek dari masing-masing variabelu ntuk kemudiand ipersentased an dianalisiss ecarad eskriptif. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwaL KS ini sebagianb esard idominasi bentukj awaban pendek/melengftapdie npn persentase7 1 76yo.S edangkanb entuk pertanyaanu raian hanya 18 67%p ertanyaanr espont erbatasd an0 z4% pertanyaan responb abas s ertaz 2syop ertanyaanm engurutkanU. ntuk bentuk pertanyaanp ilihan 6 67%obenatmk emasangkand an0 l2Vob entuk pilihan ganda-S edangkanb entuk benar-salahtid ak dimunculkans amas ekali. Sebagianb esarp ertanyaanL KS ini disajikand enganIn troduaory Matrial yaifrt 6921% akant ctapi l/ttrductory Matrial tersebutb esertar angkaianp ertanyaannyad apatd ikatakank urangb aik (dalun hal kualitas).F Ial ini terbukti dengand idapatkannya8 7 52o/poe rtanyaante rmasukd alam tingkat kognitifpengetahuan.S edangkanp rtanyaant ingkat berpikir kompleksh anyam emiliki persentasek ecil bahkanp ertanyaanti ngkat kognitif sintesisy ang mengilralrkans iswab erpikir freatif hanya9 360/o. Ditinjau dari datat entangs truktur pertanyaand an tingkat kopitifpertanyaarL kelebihan dari LKS Biologi-Praktis untuk SMU Kelas I adalah lebih dari separoh pertanyaante lah dilengkapi denganIn troductory Material namuna dak elemahannyayaiJnInt troductory Material tersebutb anyaky ang tidak didukungd engan kalimat tanya atau kalimat perintatr yang menuntut siswa untuk uerpitir tingkat tinggi terhadapp ermasalahanya ng ada dalam Innoductory Muerial. Dengank ata 9 n m .kip struktur pertanyaand alam LKS banyakyangm engandung IntroductoryM aterial wrtanyaan-pertanyaanitu banyaky angt ergolongp crtanyaan beqpikirt ingkat rendah y aitu pertanyaanin gatan. saran yang perlu diberikan adalah penyusun LKS perlu memperbaiki kualitas pertanyaBdne nganm emperbanyakp ertanyiun yang menggunakanIn troducrory Material danmemilih kalimat tanya atau kalimat perintah yang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi. sedangkan saran yang dapat diqiukan bagi guru adalah bahwad alam memilih LKS pertimbangank ualitas p rtanyaand alam kaitannya 9.ngq usahap engembangakne mampuanb erpikir siswaa dalahp engajarany ang hanya berorientasi pada materi dapat dihindari. untuk selanjutnya aiuraptan penelitians erupad iterapkanp adas umberd ata yang lain tenrtamap ertanyaante s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25449

Actions (login required)

View Item View Item