Pengembangan bahan ajar berbasis komik nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah menengah pertama/ Akhmad Harnowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis komik nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah menengah pertama/ Akhmad Harnowo

Harnowo, Akhmad (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis komik nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa sekolah menengah pertama/ Akhmad Harnowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Harnowo Akhmad. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Tentang Nilai-nilai Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis Magister Keguruan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (2) Dr. Ponimin M.Hum. Kata Kunci bahan ajar komik pembelajaran karakter cinta ibu Pendidikan karakter menduduk i posisi yang penting dalam pendidikan. Di lapangan ditemukan bahwa pendidik mengalami permasalahan dalam menanamkan karakter tersebut. Permasalahan tersebut salah satu penyebabnya karena kurangnya bahan ajar sebagai pendamping buku mata pelajaran yang bermuatan pengembangan kompetensi sikap. Oleh karena itu diperlukan produk berupa bahan ajar yang sesuai dan dapat membantu memecahkan permasalahan di atas. Bahan ajar berbasis komik merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) menghasilkan produk berupa komik pembelajaran yang berisi nilai-nilai pendidikan karakter cinta ibu untuk ditanamkan kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (2) mengetahui hasil validasi untuk pedoman layak tidaknya bahan ajar komik pembelajaran nilai-nilai karakter cinta ibu ini dipakai sebagai bahan pendamping buku ajar. Penelitian ini menghasilkan model bahan ajar berbasis komik sebagai pendamping buku pelajaran dalam mengembangkan kompetensi sikap di SMP. Model 5D (Pranata 2013) dipakai sebagai model penelitian pengembangan yang terdiri dari (1) define (2) data (3) design (4) develop dan (5) disseminate menggunakan pendekatan prosedural dengan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil pengembangan bahan ajar ini telah diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media serta telah diuji cobakan kepada pengguna sejumlah 15 peserta didik. Dalam prosedur pengumpulan data menggunakan instruman dalam bentuk kuisioner. Data dari hasil kuisioner dengan angket tertutup menggunakan teknik prosentase selanjutnya dikonversikan pada tabel kriteria hasil uji kelayakan. Hasil penilaian oleh validator ahli materi 1 dan ahli materi 2 dengan aspek penilaian tujuan tahapan isi tema dan moral cerita pesan strategi pembelajaran ketepatan penggalan pertanyaan dan tugas siswa penokohan alur dan latar menghasilkan rerata sebesar 99 5%. Sedangkan penilaian oleh ahli media 1 dan ahli media 2 dengan aspek penilaian ukuran buku media isi buku kesatuan dan irama pusat pandang komposisi keharmonisan kekonsistenan keproporsionalan ukuran huruf kekontrasan warna penggambaran isi/media ajar dan pengungkapan karakter obyek kesesuaian bentuk warna ukuran proporsi dan obyek dengan realita pusat pandang narasi pada gambar balon dialog bidang cetak dan marjin spasi antara teks dan ilustrasi halaman menggambar jenis huruf susunan teks spasi antar baris hierarki judul-judul tanda pemotongan kata makna dari objek keakuratan dan keproporsionalan bentuk dengan kenyataan ilustrasi goresan garis dan raster kekreatifan dan kedinamisan menghasilkan rerata sebesar 91 4% sehingga dari segi media tergolong sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba kepada pengguna menggunakan angket tertutup dengan materi pertanyaan tentang apakah bahan ajar ini menarik jelas mudah dipahami tampilannya bagus media dan materinya lengkap bahasanya jelas mudah untuk dikerjakan tugas-tugasnya senang menggunakannya setujukah apabila digunakan sebagai pendamping dalam proses pembelajaran setelah menggunakannya apakah cukup paham tentang nilai-nilai pendidikan karakter cinta ibu isi ceritanya mengesankan setelah membacanya berjanji untuk selalu menghormati orang tua memberi pelajaran yang berharga menginspirasi untuk menghormati orang tua bermanfaat menghasilkan rerata sebesar 90 83% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254398

Actions (login required)

View Item View Item