Pengembangan buku ajar menggambar ragam hias medalion candi penataran untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa smp / Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar menggambar ragam hias medalion candi penataran untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa smp / Khusnul Khotimah

Khotimah, Khusnul (2020) Pengembangan buku ajar menggambar ragam hias medalion candi penataran untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa smp / Khusnul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khotimah Khusnul. 2020. Pengembangan Buku Ajar Menggambar Ragam Hias Medalion Candi Penataran Untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa SMP. Tesis. Program Studi Keguruan Seni Rupa Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Dr. Ponimin M.Hum. Kata Kunci buku ajar menggambar ragam hias medalion kesadaran budaya Pendidikan seni salah satu tujuannya adalah untuk memperhalus budi pekerti peserta didik dan untuk menumbuhkembangkan kepekaan rasa estetik artistik sikap kritis apresiatif dan kreatif pada diri setiap peserta didik secara menyeluruh. Pembelajaran merupakan kegiatan dimana guru melakukan perannya agar peserta didik dapat belajar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan sangatlah kompleks. Kurikulum dan pelaksanaan pendidikan belum memberikan peluang bagi peserta didik untuk berkembang dan mengembangkan kepribadiannya secara utuh dan seimbang. Permasalahan dilapangan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran seni adalah keterbatasan sumber/bahan ajar seni yang ada didaerah keterbatasan kompetensi yang dimiliki guru (misalnya kesesuaian akademik dengan mata pelajaran yang diampunya kreativitas mindset guru). Implementasi Kurikulum 2013 guru sebagai fasilitator dan kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered). Pembelajaran menggambar ragam hias madalion Candi Penataran berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik. Pembelajaran ragam hias merupakan pengenalan budaya luhur kepada generasi muda agar dapat terjaga kelestariannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar menggambar ragam hias medalion Candi Penataran yang bersumber pada hasil budaya lokal berupa artefak relief medalion Candi Penataran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan buku ajar menggambar ragam hias medalion candi Penataran untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa SMP (2) menghasilkan deskripsi hasil validasi dan uji coba buku ajar menggambar ragam hias medalion candi Penataran dan (3) menghasilkan deskripsi keefektifan produk buku ajar buku ajar menggambar ragam hias medalion candi Penataran. Pengembangan buku ajar menggunakan model pembelajaran entrepreneurial. Model pembelajaran entrepreneurial sesuai karakteristik mata pelajaran Seni Budaya dengan tahapan exploring planning doing communicating dan reflecting. Buku ajar ini dirancang untuk membelajarkan kompetensi siswa dalam menggambar ragam hias medalion yang berorientasi pada kegiatan siswa/student centered. Hasil penelitian ini memiliki potensi untuk mengembangkan pembelajaran pendidikan seni rupa yang bermakna dengan memfasilitasi siswa untuk menguasai kompetensi pengetahuan kompetensi ketrampilan dan kompetensi sikap. Berdasarkan hasil penghitungan reliabilitas data validator ahli materi menunjukkan rata-rata prosentase buku siswa 82.3% dan buku guru 85.4%. Sedangkan hasil penghitungan reliabilitas data validator ahli media diperoleh hasil buku siswa 91.4% dan buku guru 92.96%. Hasil validitas uji coba pengguna oleh guru menunjukkan pencapaian rata-rata persentase 96.6% dan hasil validitas uji coba pengguna siswa rata-rata skor yang didapat adalah 94.37%. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa produk buku ajar menggambar ragam hias medalion candi Penataran memperoleh pencapaian persentase diatas 75% pada parameter indikator antara lain validitas uji materi media dan pengguna (guru dan siswa) bahwa produk buku ajar siswa dan guru dinyatakan valid dan layak dijadikan buku ajar. Kesadaran budaya adalah sikap dimana seseorang mampu untuk mengenal memahami mengerti dan menghargai akan adanya perbedaan-perbedaan yang ada dalam budaya tersebut. Cara menumbuhkan kesadaran budaya yaitu dengan penanaman sikap multikulturalisme sejak dini sosialisasi budaya melalui keluarga lembaga pendidikan penyelenggaraan berbagai pentas budaya mencintai menjaga melestarikan dan mengembangkan budaya khususnya budaya lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254386

Actions (login required)

View Item View Item