Pengujian daya antimikroba air perasan daun Kayu Putih (Melaleuca ieucadendron Linn) / oleh Ely Ana Faujiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengujian daya antimikroba air perasan daun Kayu Putih (Melaleuca ieucadendron Linn) / oleh Ely Ana Faujiah

Faujiah, Ely Ana (2007) Pengujian daya antimikroba air perasan daun Kayu Putih (Melaleuca ieucadendron Linn) / oleh Ely Ana Faujiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air perasand aun kayu putih menghasilkan atsiri mengandungb eberapa senyawa kimia yang memiliki kemampuan sebagai antimikroba. Sineol dan ct terpineol yang merupakan turunan alkohol mampu mendenaturasi protein dan melarutkan lipid kemudian benzaldehida dan valeraldehida yang termasuk aldehid mampu mengendalikanp opulasi mikroorganismeB. erdasarkanh al tersebutm aka dilakukanp engujiand ayaa ntimikrobaa ir perasand aun kayu putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya daya antimikoba air perasand aun kayu putih dan mengetahuki onsentrasyi ang paling efektif sebagai bahan antimikroba. Air perasan daun kayu putih yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari tanamank ayup utih yangh idup di lingkunganU niversitasN egeriM alang.U ntuk bakteri uji digunakanS tophylococcusa weus yang dipgroleh dari laboratoriumP OM (PemeriksaanO bat dan Makanan) SurabayaP. enelitian dilaksanakand i laboratorium Mikrobiologi J urusanB iologi FMIPA UniversitasN egeriM alangp adab ulan Juni - Juli 2000 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap( RAL) dengank onsentrasai ir perasand aun kayu putih 0% 1% 2% 3% 4o/o 5 o/o 6Vo7 o/o 8 oA 9 oA llYo. Datad iperolehd enganm engukurd iameterz ona hambatany ang terbentukd alam satuanm m. Pengambiland ata dilakukan dengant iga ulangan. Untuk mengetahui daya antimikroba air perasan daun kayu putih digunakan analisis variansi satu jalur sedangkan untuk mengetahui perbedaan dari hasil perlakuan digunakan uji BNJ. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa ada dayaa ntimikrobaa ir perasand aun kayu putih konsentrasi air perasan daun kayu putih yang menunjukkan daya antimikroba terbesar adalah konsentrasi l0% dan yang paling kecil adalah konsentrasi l% sedangkan konsentrasi paling efektif adalah 8%. Dalam pemanfaatannya konsenfiasi 8% sudah dapat digunakan sebagai bahan untuk menghambapt ertumbuhanb akteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item View Item