Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan / Wahyu Anisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan / Wahyu Anisah

Anisah, Wahyu (2011) Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan / Wahyu Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Faktor-Faktor Komunikasi Intepersonal Pembelajaran Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif baik di dalam maupun di luar kelas khususnya di SMP (Sekolah Menengah Pertama) maka terdapat beberapa hal yang mempengaruhinya termasuk komunikasi yang terjalin. Siswa yang baru saja memasuki jenjang pendidikan SMP tentunya membutuhkan penyesuaian yang baik terhadap lingkungannya baik secara fisik maupun psikologis. Hal ini dikarenakan siswa tersebut masih mengalami tahap peralihan dari siswa (SD) Sekolah Dasar. Komunikasi interpersonal menjadi penting bagi peneliti karena komunikasi jenos ini mampu merubah perilaku seseorang dan responnya dapat diketahui secara langsung. Asumsi tersebut mewakili latar belakang peneliti untuk mengidentifikasikan factor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam pembelajaran sehingga diharapkan mampu membantu guru untuk melakukan upaya yang benar dalam melakukan penyesuaian dan pengembangan diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan Dan (2) Faktor apakah yang paling mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan factor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan dan (2) Untuk mendiskripsikan factor yang paling mempengaruhi kualitas komunikasi interpersonal dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 5 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa dari 247 responden dengan menggunakan perhitungan slovin dengan tingkat persen kesalahan yang digunakan 10%. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer berupa close form dan data sekunder berupa dokumentasi yang terkait. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Pearson sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang dibagikan kepada 30 responden. Berdasarkan hasil uji coba instrumen maka tingkat validitas instrumen dari semua item dinyatakan valid dengan tingkat probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item