Konsep model alternatif pendidikan karakter tanggung jawab berdasarkan kajian persepsi pelaku organisasi BEM FIP UM periode 2019 / Abdul Halim Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Konsep model alternatif pendidikan karakter tanggung jawab berdasarkan kajian persepsi pelaku organisasi BEM FIP UM periode 2019 / Abdul Halim Wicaksono

Wicaksono, Abdul Halim (2021) Konsep model alternatif pendidikan karakter tanggung jawab berdasarkan kajian persepsi pelaku organisasi BEM FIP UM periode 2019 / Abdul Halim Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak pada ranah politik sekaligus eksekutif di lingkungan Mahasiswa. Dinamika yang terjadi di dalamnya begitu luas dan kompleks. Hal ini tentu membuka kemungkinan bagi organisasi tersebut untuk berperan dalam mengembangkan nilai karakter mahasiswa yang menjadi anggotanya. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti penanaman nilai yang terjadi pada organisasi tersebut berdasarkan persepsi para pelaku. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan dan mengkaji secara kognitif-holistik persepsi pelaku organisasi tentang gambaran penanaman nilai tanggung jawab dalam tiga tahap. Mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi penanaman nilai. Penelitian dirancang menggunakan rancangan deskriptif ndash kualitatif untuk menjawab tujuan yang dipaparkan sebelumnya. Dalam hal ini penulis merupakan instrumen utama. Data penelitian merupakan keterangan-keterangan yang dikumpulkan melalui wawancara sebagai metode utama dan juga observasi serta studi dokumentasi sebagai teknik pelengkap. Dalam penelitian ini keabsahan data diuji oleh penerapan perpanjangan keikutsertaan meningkatkan ketekunan triangulasi kecukupan referensi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukan serangkaian kegiatan yang dipersepsikan oleh subjek terjadi dalam proses penanaman nilai. Pada perencanaan kegiatan yang dipaparkan yakni analisis situasi dan kondisi lapangan membuat program perencanaan dan membuat rencana pengkondisian. Sementara pada pelaksanaan cara yang dipakai dapat dikategorikan menjadi intervensi dan habituasi. Cara-cara intervensi antara lain yakni pemberian pemahaman dan penguatan pelaksanaan program terintegerasi pendampingan dan pemberian penghargaan. Sedangkan cara habituasi atau pembiasaan yang dipaparkan yakni membangun komunikasi yang baik membangun kebiasaan positif yang menyenangkan menciptakan suasana nyaman di organisasi memberlakukan aturan dan sanksi serta pemberian keteladan. Tahapan terakhir yakni evaluasi penanaman nilai dilakukan oleh subjek dengan kegiatan supervisi dan pengembangan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253920

Actions (login required)

View Item View Item