Pemanfaatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Durenan sebagai sarana belajar konsep pelestarian sda hayati dengan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) di SMUN I Durenan / oleh Siti Mukotim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Durenan sebagai sarana belajar konsep pelestarian sda hayati dengan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) di SMUN I Durenan / oleh Siti Mukotim

Mukotim, Siti (2007) Pemanfaatan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Durenan sebagai sarana belajar konsep pelestarian sda hayati dengan pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) di SMUN I Durenan / oleh Siti Mukotim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam kurikulum 1994 terdapat adanya petunjuk mengenai kemungkinan pendekataSn ains-Teknologi-Masyaraka(St TM). Hal ini tampakd ari adanya pemikirand asarm engenapi enegasanb ahwap endidikanb ertujuanm empersiapkan siswam enjadia nggotam asyarakayt ang memiliki hubungant imbal balik dengan lingkunganm asyarakadt an sekitamya.G uru diberi kesempatanm engembangkan metodep engajarany angb eragamd an luwes gunam encapati ujuan pendidikan. Saranay angt erdapatd i sekolahu ntuk pembelajaranp elestarianS DA hayati sangatte rbatasD. i sebelahs ekolaha daB alai PenyuluhanP ertanian( BPP)y ang mempunyasi umberd aya m eliputi sumberdayaa lam sumberd ayam anusiad an data mengenajei nis produksip ertaniant anamanp angan t anamanp erkebunanp etemakan perikanans ertad atam engenabi erbagaih ambatanu ntuk petestarianS DA hayati dan carap enanggulangannyyaa ng cocok sebagasi aranab elajark onsepp elestarianS DA hayati.O leh karenanyap eneliti mencobam emanfaatkans aranay angt erdapatd i Bpp sebagasi aranab elajard enganp e.ndekataSn TM padak onsepp elestarianS DA hayati danm enemukanc ant ataus trategiu ntuk mengaitkans araray ang adad i BPPd engan kurikulum pada proses belajar mengajar dimana siswa dapat mengamati secara langsungo byek pengamatans ebagasi umberd ata. Subyek penelitian adalah siswa SMLJN I Durenan Kelas I Cawu 3 yaitu Iq dan Ip gurub iologi kelasI sertap egawaiB alai PenyuluhanP ertanian( BPP) Durenan Trenggalek. Rancanganp enelitiany ang digunakana dalahr ancanganp enelitiant indakan pengumpuland atad ilakukan dengano bservasid okumentasip enyebarana ngketd an wawancarak epadas isw4 guru dan pegawaiB PP. Aaalisis data dilahrkan dengana nalisisp rsentaseu ntuk angkett anggapan siswam engenapi emanfaatanB PPs ebagasi aranab elajard enganp endekatanS TM. Sedangkaunn tuk guru dan pegawaiB PP dilakukan denganm enggunakante knik analisis data kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Cara atau strategi untuk mengaitkans aranay ang adad i BPPd enganm ateri yangt ermuatd alamG BPPd engan caras iswam engunjungiB PP untuk mengetahusi aranay ang adag unam empelajari konsepp elestarianS DA hayati. 2) BPP Durenand apatd igunakans iswas ebagai saranas umberb elajarI PA (biologi) dalam konsepp elestarianS DA hayati di SMUN I Durenan.3 ) Manfaaty angb isa diperolehd ari BPP sebagasi aranab elajar biologr denganp endekataSn TM dalamk aitannyad engank onsepS DA hayati adalahs iswa dapatm engamatsi ecarala npung dari obyek pengamatand an keberadaanB pP yang lokasinyas angadt ekatd engans ekolahm erupakans alahs atua lternatifdalam mengataski wangnyas aranap raktekp enelitiand alamk egiatanb elajarm engajar.4 ) Gurut erbarikd ant erkesand enganp enerapanp endekatanS TM padak onsep pelesarianS DAh ayatid an dapatd gadikans ebuahp engalamanbaggl uru. Untukm emperkuaht asil penelitiani ni bagi peneliti lanjutan sebaiknya mempunyaaic uany ang lebih banyaks ehinggad apatm endukungh asil penelitiani ni. Sedangkaunn tuk memperdalamh asil penelitiani ni dapatd iperluasp eneraparmya padap okokb ahasanla in.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25390

Actions (login required)

View Item View Item