Pramudita, Haris Eka (2018) Penerapan model pembelajaran think-pair-share berbantuan graphic organizer untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Ar-Rohmah Malang / Haris Eka Pramudita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pramudita Haris Eka. 2016. Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Graphic Organizer untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x SMA Ar-Rohmah Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci model pembelajaran TPS graphic organizer hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran di SMA Ar-Rohmah Malang belum menerapkan pendekatan saintifik secara lengkap sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang terdiri dari lima pengalaman belajar pokok yaitu mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Kendala utama pembelajaran adalah siswa kurang memiliki kemauan untuk mencari informasi dari buku diktat yang digunakan di sekolah. Siswa terlalu tergantung pada penjelasan dan catatan dari guru sehingga sehingga wawasan siswa sangat terbatas. Hal tersebut menyebabkan pemahaman terhadap materi kurang sehingga mempengaruhi hasil belajar khususnya hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil ujian materi dunia tumbuhan diketahui bahwa ketuntasan klasikal baru mencapai 50% dari 85% yang ditetapkan. Hasil tersebut membuktikan bahwa diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran biologi dan tuntutan kurikulum 2013 yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah pembelajaran think-pair-share (tps) dengan bantuan graphic organizer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Ar-Rohmah Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil belajar siswa (afektif dan kognitif) disertai data keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa. Instrumen penelitian ini berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran TPS berbantuan graphic organizer oleh guru dan siswa lembar penilaian afektif dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think-pair-share (tps) berbantuan graphic organizer dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa (kognitif dan afektif) kelas X SMA Ar-Rohmah Malang. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif meningkat dari 64 76% menjadi 85 34% sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif meningkat dari 40 62% menjadi 90 40%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25367 |
Actions (login required)
View Item |