Pengembangan Inventori Pemahaman Diri Untuk Menentukan Pilihan Jurusan Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Siswa SMA Negeri 1 Kota Malang / Ardi Wira Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Inventori Pemahaman Diri Untuk Menentukan Pilihan Jurusan Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Siswa SMA Negeri 1 Kota Malang / Ardi Wira Kusuma

Kusuma, Ardi Wira (2021) Pengembangan Inventori Pemahaman Diri Untuk Menentukan Pilihan Jurusan Berbasis Multimedia Interaktif Bagi Siswa SMA Negeri 1 Kota Malang / Ardi Wira Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Atas merupakan jenjang akhir seorang siswa dalam pendidikan untuk menentukan masa depannya. Menunjukkan bahwa ketika para siswa telah lulus dari SMA mereka harus memilih 2 pilhan 1) melanjutkan program study 2) bekerja. Ini merupakan pilihan hidup bagi siswa yang sudah digolongkan pada masa remaja. Data yang diperoleh dari hasil wawancara di SMAN 1 Malang disebutkan bahwa masih banyak siswa yang kebingungan unutk melanjutkan perguruan tinggi atau bekerja setelah lulus SMA. Kebingungan tersebut terjadi akibat kurangnya informasi tentang karier yang mana siswa lebih senang dalam penentuan penjurusan daripada hanya sekedar layanan informasi. Hasil ini menunjukkan bahwa menginginkan model tes yang dapat menggambarkan dirinya secara langsung dengan tujuan mempermudah para siswa dalam menentukan pilihan jurusan. Peneliti sendiri mengadaptasi dari J.B Holland yang mana pada teori Holland menginterpretasi karakteristik pekerjaan dan lingkungan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah konselor dalam memberikan layanan karier. Penulis berasumsi bahwa kurangnya kemampuan anak dalam memahami dirinya disebabkan kurangnya informasi karier yang jelas kepada siswa sehingga dalam pelaksanaannya siswa masih bingung untuk mengetahui potensi yang dimilikinya. Oleh sebab itu penulis merancang upaya preventif yang telah diuji oleh beberapa ahli untuk membuat inventori. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah pengembangan Borg dan Gall. Langkah pengembangan yang dilakukan adalah. 1) Studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan poduk 4) Uji Ahli 5) Revisi Produk 6) Produk akhir. Penilaian ahli dilakukan oleh 2 orang ahli bimbingan konseling dan ahli 2 media. Uji pengguna produk ini dilakukan kepada 2 konselor di SMAN 1 Malang dengan menggunakan inter reeter Hasil pengembangan berdasarkan penilaian ahli bimbingan konseling dan media menunjukkan sangat sesuai yang berarti inventori pemahaman diri yang mengadaptasi dari Holland telah memenuhi kriteria baik dan diuji lebih lanjut. Hasil penilaian keterbacaan telah memenuhi kriteria baik dan dapat dipahami. agar penggunaan program ini dapat berjalan dengan lancar diharap untuk membaca secara penuh panduan yang telah dibuat oleh penulis. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas jangkuan penelitian ini agar dapat digunakan disetiap sekolah dengan karakteristik siswa yang berbeda

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253666

Actions (login required)

View Item View Item