Pengembangan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA / Sunarno Prayogo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA / Sunarno Prayogo

Prayogo, Sunarno (2016) Pengembangan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA / Sunarno Prayogo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayogo Sunarno. 2016. Pengembangan Instrumen Tes Literasi Saintifik untuk Siswa Kelas XI MIA SMA/MA. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hadi Suwono M.Si. Kata kunci instrumen tes literasi saintifik kelas XI SMA MA Pembelajaran ditekankan pada kegiatan belajar siswa melalui usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar proses tersebut tidak dapat terlepas dari penilaian. Konsep penilaian pendidikan yang ada saat ini tidak hanya diarahkan kepada tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan tetapi juga terhadap tujuan-tujuan lain yang meliputi tujuan di luar pembelajaran yakni pada upaya pembentukan kemampuan siswa secara mandiri dan menyiapkan siswa agar sukses di masa datang.Dalam dunia internasional kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa telah menjadi perhatian yang sangat serius. Hal ini terbukti dengan adanya organisasi internasional yang bergerak dalam bidang penilaian kemampuan berpikir siswa seperti OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development). OECD mengkoordinasikan studi internasional tentang prestasi literasi membaca matematika dan sains dengan nama PISA (Programme for International Student Assessment). Namun masih belum ditemukan instrumen tes literasi saintifik yang terstandar terutama untuk siswa SMA/MA. Berdasarkan keadaan tersebut diperlukan adanya pengembangan dalam perangkat penilaian yang berupa instrumen tes literasi saintifik untuk mengukur kemampuan literasi saintifik siswa SMA/MA. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA yang tervalidasi reliabel menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan 3-D yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D (Thiagarajan dkk 1974 5). Model ini digunakan karena disusun secara sistematis dalam upaya pembuatan instrumen tes. Pengembangan model ini terdiri dari 3 tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen tes yang telah jadi kemudian diuji coba kepada ahli instrumen tes praktisi (guru Biologi) dan siswa. Uji coba tersebut berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan produk dari aspek validitas isi validitas konstruk reliabilitas keterbacaan kemenarikan dan keterterapan instrumen tes yang dikembangkan. Berdasarkan analisis hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa dari keenam aspek yang menjadi fokus penilaian produk instrumen tes literasi saintifik siswa SMA/MA memperoleh rata-rata penyekoran 87%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat layak dan dapat diimplementasikan untuk mengukur kemampuan literasi saintifik siswa SMA/MA. Bagi guru instrumen tes yang dikembangkan ini diharapkan agar indikator-indikator soal dalam instrumen tes ini bisa dimasukkan kedalam pembelajaran melalui rencana pelaksanaan pembelajaran agar siswa mendapat pengetahuan dan kemampuan literasi saintifik yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25365

Actions (login required)

View Item View Item