Pengembangan panduan strategi WDEP bermuatan nilai sondok untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA/ Bagus Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan strategi WDEP bermuatan nilai sondok untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA/ Bagus Abdillah

Abdillah, Bagus (2020) Pengembangan panduan strategi WDEP bermuatan nilai sondok untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA/ Bagus Abdillah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya buku panduan untuk membantu guru BK di sekolah dalam memberikan layanan konseling individu kepada siswa berlatar belakang budaya Palembang. Terdapat beberapa faktor yang dinilai mampu mempengaruhi keberhasilan konseling antara lain kompetensi yang dimiliki oleh guru BK di sekolah penguasaan model pendekatan konseling dan nilai budaya yang digunakan oleh guru BK. Salah satu model konseling yang dapat digunakan yakni Strategi WDEP yang dikembangkan Robert E. Wubbodling (1991) strategi konseling tersebut memiliki falsafah nilai budaya yang sesuai dengan pengembangnya. Pada saat ini konseling Strategi WDEP yang diterapkan di Indonesia masih belum memiliki nilai-nilai budaya Indonesia khususnya budaya Palembang. Oleh karena itu perlu pengembangan nilai budaya Palembang dalam strategi WDEP yang dapat dimanfaatkan oleh guru BK di sekolah untuk membantu siswa SMA dengan latar budaya Palembang untuk pemenuhan meaning of life nya. Muatan nilai budaya Palembang yang disintesiskan ke dalam strategi WDEP ini yaitu filosofi masyarakat Palembang yaitu sondok piyogo dalam bahasa Indonesia berarti ldquo Adat dipangku syari at dijunjung rdquo yang tertuang dalam bangunan Limas. Pengembangan panduan ini berdasarkan pada fenomena yang terjadi di Palembang dengan maraknya fenomena jola-jola (perilaku remaja yang menunjukkan penyimpangan) yang dikhawatirkan akan merusak generasi masa depan masyarakat Kota Palembang. Setiap individu memiliki meaning of life yang dipercaya begitu juga dengan siswa SMA. Nilai dan budaya yang ada di Palembang menjadi salah satu alternatif untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA saat ini nilai objektif yang bersumber pada kebenaran intersubjektifitas masyarakat Palembang sehingga penambahan muatan nilai budaya Palembang ini dapat membantu mengarahkan siswa dalam memenuhi meaning of life nya. Penambahan muatan nilai budaya Palembang difokuskan pada tiga sumber nilai yaitu creative values experiential values attitudinal values. Diharapkan dalam penelitian ini hasil nyata berupa panduan Strategi WDEP bermuatan nilai sondok piyogo untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA. Penelitian dan pengembangan panduan ini menggunakan metode pengembangan yang mangadaptasi sepuluh langkah model Borg dan Gall (1983). Kesepuluh langkah itu adalah Research and Information collecting planning Develop preliminary of product preliminary Field Testing Main Product Revision Main Field Test Final Product Revision and Limited Disemination. Uji coba panduan yang dikembangkan dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli bimbingan dan konseling untuk menguji isi materi ahli budaya Palembang untuk menguji muatan nilai sondok piyogo dan ahli media pembelajaran untuk menguji produk panduan sebagai media pembelajaran guru BK di sekolah dan selanjutnya dilakukan pengujian calon pengguna untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan buku panduan. Untuk melihat signifikansi digunakan instrumen ahli bimbingan dan konseling instrumen ahli budaya Palembang instrumen ahli media pembelajaran dan calon pengguna guru BK dan instrumen skala meaning of life untuk uji keefektifan produk. Data hasil pengembangan dianalisis menggunakan analisis rater (Aiken 1980) uji Wilcoxon untuk uji keefektifan panduan. Hasil kajian penilaian media pembelajaran menunjukkan kelayakan format kejelasan dalam buku panduan kemudian hasil kajian penilaian ahli bimbingan dan konseling menujukkan kelayakan isi materi konseling hasil kajian penilaian ahli budaya menunjukkan kelayakan isi muatan nilai sondok piyogo dalam buku panduan. Hasil kajian pengujian ahli sebagai kesepakatan untuk kelayakan panduan secara teoritis. Selanjutnya hasil pengujian calon pengguna dijadikan sebagai acuan dalam kelayakan panduan secara praktis. Uji keefektifan produk pengembangan menunjukkan adanya signifikansi terhadap pemenuhan meaning of life budaya Palembang. Saran pemanfaatan hasil penelitian ini adalah (1) Panduan strategi WDEP bermuatan budaya Palembang ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pedoman dalam pelaksanaan konseling kepada siswa SMA berlatar belakang budaya Palembang. Sebelum menggunakannya guru BK disarankan agar benar-benar mempelajari dan memahami materi dan prosedur pelaksanaan strategi WDEP bermuatan nilai sondok piyogo sehingga dapat membantu siswa dalam memenuhi meaning of life yang ada dalam diri siswa tersebut (2) Guru BK sebagai pengguna panduan disarankan untuk mempelajari filosofi budaya Palembang yakni sondok piyogo yang tertuang pada rumah adat Limas berisikan tentang ajaran kehidupan dan nilai-nilai budaya masyarakat kota Palembang hal ini untuk menambah referensi dalam pelaksanaan strategi WDEP pada siswa SMA berlatar belakang budaya Palembang (3) Guru BK hendaknya tetap melakukan pendampingan kepada siswa yang telah diberikan strategi WDEP bermuatan nilai sondok piyogo. Saran pengembangan lebih lanjut dari hasi penelitian ini adalah (1) Peneliti selanjutnya dapat menguji keefektifan strategi WDEP bermuatan nilai sondok piyogo pada skala yang lebih besar dan ditempatkan di sekolah berbeda di kota Palembang Sumatera Selatan. (2) Peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan pada permasalahan yang berbeda selain konteks permasalahan meaning of life siswa SMA sehingga pemanfaatan dapat dirasakan lebih beragam. (3) Peneliti selanjutnya turut dapat mengkaji signifikansi pada pemenuhan meaning of life siswa di setiap daerah yang ada di Indonesia dengan melakukan komparasi melalui uji coba pemenuhan meaning of life siswa di sekolah. Profil meaning of life siswa setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kajian komparasi hasil pemenuhan meaning of life siswa dari dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dapat dianalisis lebih lanjut untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat serta data lain terkait dengan signifikansi pemenuhan meaning of life siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253639

Actions (login required)

View Item View Item