Kajian implementasi komptensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X untuk SMA Negeri di Kota Malang / Siti Nur Cholilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian implementasi komptensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X untuk SMA Negeri di Kota Malang / Siti Nur Cholilah

Cholilah, Siti Nur (2014) Kajian implementasi komptensi dasar ke dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran biologi kelas X untuk SMA Negeri di Kota Malang / Siti Nur Cholilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cholilah Siti Nur. 2014. Kajian Implementasi Kompetensi Dasar ke dalam Bentuk Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Biologi Kelas X untuk SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. Kata Kunci Kompetensi Dasar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Biologi 12288 12288 12288 12288 Guru sebagai ujung tombak dalam suatu proses pembelajaran diharapkan mampu menerapkan suatu Kompetensi Dasar ke dalam sebuah perencanaan pembelajaran yaitu RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang belum sesuai dengan ketentuan standar proses yang ada maka dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik karena RPP merupakan pedoman mengajar untuk guru selain itu RPP yang belum lengkap akan membuat ketidakjelasan isi RPP itu sendiri sehingga dapat menyulitkan guru pengganti jikalau suatu saat guru utama berhalangan. Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kesesuaian indikator pembelajaran tujuan pembelajaran materi pembelajaran metode pembelajaran media pembelajaran langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar dengan Standar Proses untuk mengetahui kesesuaian antar komponen RPP dan untuk mengetahui kreativitas guru Biologi kelas X di Kota Malang dalam membelajarkan KD 3.1 dan 4.1. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen utama pada penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan dibantu instrumen lainnya yaitu berupa lembar asesmen. Lokasi penelitian dilakukan di SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 SMAN 4 SMAN 5 SMAN 6 SMAN 7 SMAN 8 SMAN 10 di Kota Malang. Sumber data utama yang digunakan adalah RPP yang dibuat oleh guru Biologi kelas X SMAN di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu dengan tujuan mengetahui kesesuaian RPP Biologi Kelas X di Kota Malang yang telah menerapkan Kurikulum 2013. Data dianalisis dengan cara skor yang diperoleh dibagi dengan jumlah skor maksimum dikali 100%. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian komponen indikator pada RPP Biologi kelas X yang disusun oleh guru SMA Negeri Di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 62 9% dan dalam kategori cukup. Kesesuaian tujuan pembelajaran pada RPP Biologi kelas X yang disusun oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 97 2% dan dalam kategori sangat baik. Kesesuaian materi pembelajaran pada RPP Biologi kelas X yang disusun oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 68 1% dan dalam kategori baik. Kesesuaian metode pembelajaran pada RPP Biologi kelas X yang disusun oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 49 9% dan dalam kategori kurang. Kesesuaian media pembelajaran pada RPP Biologi kelas X yang disusun oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 94 4% dan dalam kategori sangat baik. Kesesuaian langkah pembelajaran pada RPP Biologi kelas X yang disusun I oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 88 9% dan dalam kategori sangat baik. Kesesuaian penilaian hasil belajar pada RPP Biologi kelas X yang disusun I oleh guru SMA Negeri di Kota Malang dengan Standar Proses adalah 79 9% dan dalam kategori baik. Hampir seluruh RPP yang telah dibuat oleh guru Biologi kelas X SMA Negeri di Kota Malang memiliki keterkaitan antar komponennya namun RPP yang dibuat oleh guru Biologi kelas X di SMA Negeri 2 Malang SMA Negeri 5 Malang SMA Negeri 10 Malang dan SMA Negeri 7 Malang belum memiliki keterkaitan karena pada SMA Negeri 2 Malang belum menerapakan media pembelajaran pada langkah pembelajarannya pada SMA Negeri 5 dan 10 Malang membuat rubrik penilaian sikap tanpa membuat indikator pencapaian kompetensi sedangkan SMA Negeri 7 Malang belum membuat penilaian hasil belajar untuk aspek sikap. Masing-masing guru Biologi kelas X di Kota Malang memiliki kreativitas sendiri dalam membelajarkan KD 3.1 dan 4.1 yang terlihat pada model pembelajaran serta media pembelajaran yang digunakan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan yaitu dalam merumuskan rumusan indikator sebaiknya selain indikator yang mengarahkan kepencapaian pengetahuan indikator yang mengarahkan kepencapaian sikap dan keterampilan juga dirumuskan dalam memilih materi pembelajaran sebaiknya dilengkapi dengan pengetahuan konseptual prinsip dan prosedural dalam memilih metode pembelajaran sebaiknya relevan dengan model pembelajaran serta materi yang diterapkan dalam membuat penilaian hasil belajar sebaiknya dilengkapi dengan ketersedian kunci jawaban dan rubrik penilaian pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25360

Actions (login required)

View Item View Item