Analisis keterlaksanaan pembelajaran biologi berpendekatan ilmiah (scientific approach) berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMA Negeri 4 Malang) / Agung Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterlaksanaan pembelajaran biologi berpendekatan ilmiah (scientific approach) berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMA Negeri 4 Malang) / Agung Wibowo

Wibowo, Agung (2014) Analisis keterlaksanaan pembelajaran biologi berpendekatan ilmiah (scientific approach) berdasarkan kurikulum 2013 (studi kasus di SMA Negeri 4 Malang) / Agung Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Agung. 2014. Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Biologi Berpendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Malang). Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hadi Suwono M.Si Kata Kunci Studi kasus Kurikulum 2013 keterlaksanan pembelajaran pendekatan ilmiah 12288 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 didesain berdasarkan pada budaya dan karakter bangsa berbasis peradaban dan berbasis pada kompetensi. Perubahan Kurikulum 2013 harus didukung oleh peran serta guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga guru memegang peran penting dalam perubahan kurikulum. Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah/saintifik. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai metode yang cocok untuk mengembangkan sikap keterampilan dan pengetahuan siswa. Masalah yang dibahas di dalam peneilitian meliputi (1) bagaimana pemahaman guru biologi mengenai Kurikulum 2013 (2) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran biologi dengan pendekatan ilmiah berdasarkan Kurikulum 2013 dan (3) apa yang dapat dipelajari dari pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan merupakan penelitian studi kasus (case study) yang dirancang khusus untuk mempelajari secara rinci dan mendalam mengenai sebuah kasus khusus yaitu mengenai tingkat pemahaman serta keterlaksanaan pendekatan ilmiah (scientific) dalam pembelajaran berdasarkan tuntutan Kurikulum 2013. Pengambilan data serta analisis data dilakukan pada bulan Maret-Juni 2014. Metode yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami secara umum mengenai Kurikulum 2013 dilihat berdasarkan pernyataan guru dari hasil wawancara yang sesuai dengan Permendikbud No. 69 Th. 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SMA/MA walaupun kegiatan sosialisasi oleh pemerintah yang diberikan kepada guru biologi sangat kurang. Keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran biologi dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) berdasarkan Kurikulum 2013 sudah dilakukan dengan baik mulai dari kegiatan perencanaan pelaksaanan dan evaluasi. Keterlaksaan pembelajaran telah menggunakan tahapan-tahapan ilmiah dipadu model pembelajaran kooperatif. Keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan semua mengacu pada Permendikbud No. 65 Th. 2013 tentang standar proses dan Permendikbud No. 81a tentang implementasi Kurikulum 2013. Pelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Malang adalah pemahaman guru yang diperoleh melalui kegiatan workshop serta eksplorasi sumber online dari Permendikbud mengenai Kurikulum 2013 memberikan pengaruh terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran di kelas yang telah menerapkan tahapan-tahapan pendekatan ilmiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item