Lesson study untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa calon guru biologi dengan siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Anggela Yessy Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Lesson study untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa calon guru biologi dengan siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Anggela Yessy Trisnawati

Trisnawati, Anggela Yessy (2014) Lesson study untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa calon guru biologi dengan siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Anggela Yessy Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trisnawati Anggela Yessy. 2013. Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa Calon Guru Biologi dengan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. Kata Kunci Lesson study komunikasi hasil belajar kognitif Lesson study merupakan suatu bentuk cara peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru yang dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan.Pengembangan keprofesionalan guru ditingkatkan melaluiprogram Penilaian Kinerja Guru yang membagi kemampuan guru kedalam domain kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang salah satunya adalah kompetensi komunikasi dengan siswa. Proses komunikasi dalam kegiatan pembelajaran antara guru dan siswa sangat penting dalam penyampaian pesan berupa materi pembelajaran. Kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa sangat diperlukan agar tercapainya keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan kegiatan pembelajaran ditandai dengan tercapainya tujuan pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil belajar kognitif siswa. Fokus permasalahan pada penelitian mengenai Bagaimana kegiatan lesson study yang dilaksanakan mahasiswa calon guru Biologi di SMP Negeri 4 Malang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dengan siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswakelas VIII-B dan VIII-F . Penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif.Peneliti sebagai guru modelbersama denganempatobservermerupakan sebuahtimLesson Study dalam penelitian.Subyek dalam penelitian adalah mahasiswa calon guru mata pelajaran Biologi yang melaksanakan proses pembelajaran dengan penerapan lesson study dan siswa kelas VIII B dan VIII F pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa masing-masing 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan lesson study dapat meningkatkan kompetensi komunikasi guru dengan siswa melalui empat siklus lesson study yang terdiri dari tahapan plan do dan see. Peningkatan kemampuan komunikasi gurudengan siswa dilihat berdasarkan rerata persentase pada kegiatan lesson study pada open lesson sikluspertama sampai ke-empat terjadi peningkatan. Kemampuan komunikasi guru dengan siswa menunjukkan peningkatan dari open class I sebesar 85 42% meningkat pada open class II dan III sebesar 91 67% kemudian meningkat lagi pada open class IV menjadi 97 92%.Nilai persentase yang didapat pada open class I-IV berdasarkan tranformasi ke skala nilai mendapatkan nilai 4 yang berarti kemampuan guru termasuk dalam kategori amat baik.Kegiatan lesson study dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII B dan VIII F SMP Negeri 4 Malang. Hasil belajar siswa meningkat berdasarkan hasil tes kognitif yang menunjukkan peningkatan rata-rata kelas dan peresentase taraf ketuntasan klasikal menunjukkan kedua kelas Tuntas dengan persentase yang didapat sebesar 72%-75% dari kriteria ketuntasan antara 70%-84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25357

Actions (login required)

View Item View Item