Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan materi IPS terpadu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII D MTs Ma'arif Udanawu Blitar / Herlina Fitri Astuti

Astuti, Herlina Fitri (2013) Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan materi IPS terpadu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII D MTs Ma'arif Udanawu Blitar / Herlina Fitri Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astuti, Herlina Fitri. 2013. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Materi IPA Terpadu untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII D MTs MaÔÇÖarif Udanawu Blitar. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing: (I) Drs.H.M. Noviar Darkuni, M.Kes, (II) Drs. Triastono Imam Pra-setyo, M.Pd. Kata Kunci: problem based learning, IPA terpadu, kemampuan ber-pikir kritis, hasil belajar kognitif, IPA. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA di MTs MaÔÇÖarif Udanawu Blitar perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi siswa sehingga tujuan pendidikan IPA yang diharapkan kurikulum dapat tercapai. Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dapat dilakukan dengan cara memperbaiki model pembelajaran yang digunakan dan cara penyajian materi IPA. Penelitian ini bertujuan un-tuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII D MTs MaÔÇÖarif Udanawu Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan pembelajaran serta dampak penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan materi IPA terpadu. Data berupa deskripsi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa serta dampak penerapan PBL dengan materi IPA terpadu terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Data tersebut didukung dengan data kuantitatif berupa skor kemampuan berpikir kritis dan skor tes kognitif untuk mengukur persentase peningkatan yang terjadi. Data deskriptif diambil menggunakan in-strumen catatan lapangan. Data kuantitatif kemampuan berpikir kritis diambil menggunakan lembar kerja siswa dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Data kuantitatif hasil belajar kognitif diambil menggunakan soal tes kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan materi IPA terpadu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan data deskripsi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan ternyata terdapat peningkatan kualitas pada setiap aspek kemampuan berpikir kritis serta penguasaan materi oleh siswa dibandingkan dengan kondisi awal sebelum diberi tindakan. Hal tersebut didukung oleh data kuantitatif yang menunjuk-kan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ada-lah 56%. Persentase peningkatan hasil belajar kognitif siswa sebesar 23%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning yang terdiri dari 4 fase (review dan penyajian masalah, menyusun strategi pemecahan masalah, menerapkan strategi, membahas serta mengevaluasi hasil) dengan materi IPA terpadu dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian strategi ini dapat diterapkan oleh guru di kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25356

Actions (login required)

View Item View Item