Penerapan pembelajaran kooperatif STAD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan Madura / Santi Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif STAD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan Madura / Santi Oktavia

Oktavia, Santi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Pakong Pamekasan Madura / Santi Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 18 dan 19 Januari 2008 di SMA Negeri I Pakong diketahui bahwa sekolah tersebut sudah melaksanakan KTSP. Sebagian besar siswa yang diwawancarai tentang pelajaran biologi menyatakan bahwa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran jika siswa belajar secara individu sehingga hasil belajar rendah dan siswa kurang aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 di SMA Negeri I Pakong Pamekasan setelah diterapkan metode tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X-3 Pakong yang berjumlah 38 siswa terdiri 27 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa setiap siklus dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post-test serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-3 SMA Negeri I Pakong Pemekasan. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rerata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 39 52% (kurang) pada siklus I menjadi 63 97% (cukup) pada siklus II dan meningkat menjadi 79 96% (baik) pada siklus III. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari rerata selisih skor antara pre-test dan post-test sebesar 25 58 pada siklus I dan pada siklus II selisih antara pre-test dan pos-test sebesar 18 67 dan 34 65 pada siklus III ketuntasan belajar siswa sebesar 52 94% pada siklus I meningkat menjadi 73 53% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 88 24% pada siklus III. Saran dari penelitian ini adalah perlunya jumlah observer yang berperan sebagai pengawas pada waktu kegiatan pre-test dan post-test untuk mengurangi siswa yang bekerjasama sehingga hasilnya lebih baik dan perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25353

Actions (login required)

View Item View Item