Keefektifan penggunaan teknik relaksasi untuk menurunkan stres sebelum mengikuti ujian pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Malang / Tria Binatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan teknik relaksasi untuk menurunkan stres sebelum mengikuti ujian pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Malang / Tria Binatama

Binatama, Tria (2010) Keefektifan penggunaan teknik relaksasi untuk menurunkan stres sebelum mengikuti ujian pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Malang / Tria Binatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Binatama Tria 2009. Keefektifan Penggunaan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Stres Sebelum Mengikuti Ujian pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Drs. Widada M.Si. Kata kunci relaksasi stres teknik konseling. Stres menghadapi ujian sering dialami oleh siswa terutama siswa kelas XII. Stres pada tahap ringan merupakan rangsangan yang baik bagi seseorang untuk berkembang namun apabila tingkatan stres sangat tinggi dapat berpengaruh buruk pada individu tersebut. Salah satu teknik yang efektif untuk menurunkan tingkat stres sebelum mengikuti ujian pada siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Malang adalah menggunakan teknik relaksasi. Rancangan penelitiian yang digunakan adalah kuasi ekperimen. Populasi siswa kelas XII SMA Negeri 4 Malang tahun ajaran 2008/2009. Sampel diambil dengan teknik sampel total. Jumlah responden yang diambil sebanyak 286 siswa. Data diperoleh melalui subyek menggunakan kuesioner tertutup yaitu inventori stres. Data selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres pada siswa kelas XII sebelum melakukan teknik relaksasi memiliki rerata (mean) 116 73 simpang baku 10 379 dengan rentang skor 91 156 sedangkan tingkat stres pada siswa kelas XII setelah melakukan teknik relaksasi memiliki rerata (mean) 113 78 simpang baku 11 039 dengan rentang skor 66 152. Dengan demikian tingkat stres pada siswa kelas XII setelah melakukan teknik relaksasi lebih rendah dibandingkan tingkat stres pada siswa kelas XII sebelum melakukan teknik relaksasi Dari hasil analisis Uji-t taraf signifikasi sebesar 0 000. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti dan berpengaruh pada tingkat stres sebelum mengikuti ujian yang dialami siswa kelas XII di SMA Negeri 4 Malang sebelum dan sesudah melakukan teknik relaksasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut (1) Bagi sekolah diharapkan sekolah lebih memberikan motifasi-motifasi agar tetap konsisten dalam mempertahankan prestasi dan memberikan sedikit refresing pada siswa agar siswa tidak terlalu tegang dan stres dalam menghadapi ujian akhir nasional. (2) Bagi penyelenggara pendidikan khususnya konselor diharapkan bisa mempraktikan teknik relaksasi yang telah dipraktikkan oleh peneliti lebih baik dari sebelumnya dan menindaklanjuti hasil yang telah diperoleh siswa dari proses relaksasi. Dan hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa teknik ini tidak harus diberikan pada siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian akhir nasional tetapi juga bisa diterapkan pada siswa yang mengalami stres dan ketegangan akan sesuatu. (3) Bagi peneliti sejenis disarankan untuk memperdalam hasil penelitian dengan memanjangkan waktu penelitian karena data yang didapat dari satu subyek penelitian akan mengarahkan peneliti untuk menggali informasi yang lebih dari berbagai informan yang ada. Selain itu juga disarankan untuk memperdalam teknik relaksasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item