Kajian tentang kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan keterampilan proses yang ada dalam LKS biologi SMU kelas I cawu I yang digunakan di MAN Kabupaten Blitar / oleh Unik Indayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian tentang kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan keterampilan proses yang ada dalam LKS biologi SMU kelas I cawu I yang digunakan di MAN Kabupaten Blitar / oleh Unik Indayati

Indayati, Unik (2007) Kajian tentang kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan keterampilan proses yang ada dalam LKS biologi SMU kelas I cawu I yang digunakan di MAN Kabupaten Blitar / oleh Unik Indayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prosesb elajarm engajara dalahh ubungant imbal balik antarag uru dengan siswa dan siswa dengan sis wa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Pada kenyataannyma asihb anyakg uru yang mengajarh anyad enganm engejart arget kurikulum t anpam emperhatikanb erbagaim etoded an pendekatanb elajarm engajar. Sebagaai kibatnyas iswab ukannyad ilibatkans ebagasi ubyekd alamb elajarm engajar tetapih anyam enjadoi byekp enjejalanm ateri. Solusi untuk mencapai kemampuan siswa yang mampu berperan sebagai subyekd alamp engajaranh arusd itempuh suatup endekatand alamp rosesb elajar mengajarS. ebagaci ontoh adalahp engajarand enganm enggunakanp endekatan keterampilanp rosesa tau lebih dikenal denganP KP. Salahs atum ediap engajaranya ngb isad igunakanu ntuk membantu menerapkapne ndekatank eterampilanp rosesa dalahl embark e a siswaa tauL KS. LKS yang difungsikan sebagai alat bantu proses belajar mengajar sudah seharusnya mengadopspi endekatan-pendekatayna ng dikenal dalamP KP agara rahd an proses belajarm engajars eca.rako mprehensips esuaid engank urikulum yang telah ditetapkan. Rumusanm asalahp enelitiani ni adalatr ( I ) Berapap ersentaseP I(P yang ada dalamL KS Biologi SMU KelasI CawuI yangd igunakand i MAN Tlogo danM AN KunirK abupateBn litar dan( 2) Bagaimanap elaksanaapne ndekatakne terampilan prosesd alamk egiatanb elajarm engajard enganm enggunakaLnK S Biologi SMU KelasI CawuI di MAN Tlogo danM AN Kunir KabupatenB litar U ntuk menjawab pertanyaadni atasp enelitianin i dirancangd enganr ancangand eskriptifserta dilaksanakadni MAN KabupatenB litar dengan2 jenis populasi.P opulasip ertama adalahp opulassi asaranya itu berupaL KS Biologi SMU kelasI cawuI yang digunakand i MAN Tlogo dan MAN Kunir KabupatenB litar yaitu LKS Tuntasd i MAN Tlogod anL KS PR Biologi di MAN Kunir. Sedangkapno pulaski eduaa dalah populasgi urud ans iswa y aitu seluruhg uruB iologi KelasI dans eluruhs iswak elasI MAN Tlogod anM AN Kunir KabupatenB litar yangm enggunakaLnK S Biologi SMU kelas I cawu I yaitu LKS Tuntas dan LKS PR Biologi. Ada 3 guru dan diambil semuanysae bagasi ampel.S edangkapno pulasis iswas ebanyak1 3 kelasd iambil6 ll kelass ebagasi ampels ecaraa cakd enganp erinciand ua kelasu ntuk masing-masing guru yang mengajar mereka. Dari hasilp enelitianin i dapatd iketahubi ahwa( l) persentasPeK P yanga da dalamL KS Biologi SMU KelasI CawuI yangd igunakand i MAN Tlogo Blitar 77 8%( tinggi)u ntukK P Dasard an 23 3%(os angfrendah)K P Terintegrasi sedangkaLnK S yangd ipakaid i MAN Kunir adalatr7 2 3Vo(c ukup)u ntukK P Dasar dan6 7%( sangatr endah)u ntuk KP Terintegrasi ( 2) Pelaksanaanp endekatan keterampilapnr osesd alamk egiatanb elajarm engajadr enganm enggunakaLnK S Biologi SMU KelasI Cawu I yang dilaksanakand i MAN KabupatenB litar adalah sebagabie rikut.( a) Melalui Angketd iperolehh asil u ntuk Guru I menganggap pelaksanaaKnP Dasarr endaha taus angatr endah( a0%)d anp elaksanaaKnp Terintegrasinysaa ngatr endah( 40%). Sedangkans iswanyam enganggapu ntuk pelaksanaaKnP Dasars angatr endah( 40%) dan pelaksanaanK P Terintegrasijuga sangarte ndah(4 0%) u ntuk Guru2 menganggappe laksanaaKnp Dasarr endah( 55%) danp elaksaanaKaP Terintegrasinyas augatr endah( 40o/o)S. edangkans iswanya menganggaupn tuk pelaksanaanK P Dasarr endah( 55%) dan pelaksanaanK p Terintegrasijugsaa ngart endah( 55%) danu ntukG uru 3 menganggappe laksanaan KP Dasarc ukup( 75%) danp elaksanaaKnP Terintegrasinycau kup( 75%). Sedangkasni swanyam enganggapu ntuk pelaksanaanK P Dasars angatr endah( 40%) danp elaksanaaKn P Terintegrasjiu ga sangatr endah( 40o/o)(.b ) Melalui observasi pelaksanaaKnB M di kelasd i perolehh asil pelaksanaanK P Dasaru ntuk kelasy ang diajarG uru l Guru2 dan Guru 3 adalahs amay aitu tergolongt inggi (83 3%). Sedangkaunn tuk KP Terintegrasiu ntuk kelasy ang diajar oleh Guru l Guru 2 dan Guru3 juga samay aitu tergolongs angart endah( 30% ke bawah). Bertitik tolak dari hasil penelitian ini beberapa saran yang perlu diperhatikan adalah( l ) kepadap ihak yangb erkompetenm en)rusuLnK S hendaknyas udah sepenuhnymae nyesuaikaLnK S-nyad enganp endekatakne terampilanp roses diantaranyam encantumkanp okok bahasante rtentuy ang membahask erja ilmiatr secarah ierarkis ( 2) bagi peneliti selanjutnyab isa meneruskanp enelitianp elaksanaan kegiatanb elajarm engajard enganP KP melaluip engamat nla ngsungd i kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25345

Actions (login required)

View Item View Item