Prabowo (2007) Korelasi antara NEM SD dan kemampuan bertanya siswa pada pembelajaran yang menggunakan pola PBMP (pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan) dengan hasil belajar pada siswa kelas I SLTPN 2 Jember tahun ajaran 2001/2002 / oleh Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring dengan kemajuan IPTEK dewasa ini dibutuhkan pula peran serta pesertad idik dalam penguasaand an penerapans ains.P esertad idik yang mampu menguasadi an menerapkans ainsm erupakans umberd aya manusiay ang potensial dalamk emajuanb iologip adak hususnyaD. alamm empelajarbii ologi s iswad ituntut dalamm embangunst rukturb erpikirnvaS. alahs atup endekatapne mbelajarayna ng dapat membantu siswa dalam membangun struktur berpikir adalah pembelaiaran konstruktivistik. L.lpayap eningkatanp enalaranfo rmals iswaa ntaral ain denganm emberikan stimulusb erupap ertanyaanS.t imulusv angd iberikand imaksudkaang ars iswat erlatih dalam menggunakakne mampuanb ernalar.P ola PBMP (PemberdayaaBne rpikir Melalui Pertanyaan) yang dikembangkan oleh Corcbima. dapat membantu perkembangapnc nalarans iswa.D alamp raktekp embclajaradnc nganp ola PBMP seluruhk egiatanp embelalarand ilakukanm elalui .ialinanp ertanyaanv ang telah dirancansge carate rtulis. Penelitianin i adalahje nis penelitiank orelasionaTl.u juanp enelitianin i adalah untuk mengetahui korelasi antara NEM SD dengan kemampuan bertanya siswap ada pembelajarany ang menggunakanp ola PBMP siswa kelas I SLTPN 2 Jember tahun ajaran 200112O02u ntuk mengetahuik orelasi antara NEM SD kemampuan bertanya pre t s dengan hasil belajar pada pembelajaran yang menggunakapno la PBMP siswak elasI SLTPN2 Jemberta huna jaran2 00112002. Sampepl enelitiana dalahs iswak elasI B SLTPN2 Jembeyr angb erjumlah4 2 orang. Denganm elihatk orelasiN EM SD dengank emampuabne rlanyaN EM SD kemampuanb ertanva d an pre-testd engan hasil bela. ar d iharapkant erdapat hubungana ntaraN EM SD kemampuabne rtanvai.n et esd enganh asilb elajarp ada pembelajarayna ng menggunakanp ola PBMP. Hasil belajara dalahp enalarans iswa yangd iperolehb erdasarkapne nilaiand enganm enggunakarnu brik. Pengujianh ipotesis menggunakank orelasi product moment Pearson dan analisisk orelasir egresib ergandaB. erdasarh asil analisist erhadapN EM SD dengan kemampuan bertanya siswa menunjukkan koefisien korelasi 0.085 dengan taraf signifikans0i .296.D engand emikianm akah ipotesisn ihil (lL) diterimad anh ipotesis penelitiank ami (H ) ditslak. Dapatd inyatakanb ahwat idak adak orelasia ntaraN EM dengank emampuanb ertanyas iswa. ii Berdasaar nalisisN EM SD kemampuanb ertanyad an pre testt erhadaph asilb elajar padap embelajarany ang menggunakanp ola PBMP diketahuiF hit 18.505d an p 0.000. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis nihil ditolak dan hipotesisp enelitiank ami diterima.D apatd ikatakanb ahwaa dah ubungana ntaraN EM SD k emampuanb ertanyad an pre test erhadaph asilb elajarp adap embelajarayna ng menggunakapno la PBMP siswa kelas I SLTPN 2 Jembert ahun ajaran2 00112002. Persamaagna ris regresia ntaraN EM SD kemampuanb ertanyad an pre tes didapat y - 0.0543x r 0.04634x 2 0.781x r 13.133S. umbangarenl atifd ans umbangan efektifketiga variabel terhadap hasil belajar yang memiliki nilai paling besar adalah pret es.P ret esd apatd ijadikanp rediktort erhadaph asilb elajarb erupan ilai penalaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2007 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2007 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |