Hasil belajar biologi dengan metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan metode non PBMP pada siswa yang berkemampuan awal berbeda / oleh Fahlia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar biologi dengan metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan metode non PBMP pada siswa yang berkemampuan awal berbeda / oleh Fahlia Rahmawati

Rahmawati, Fahlia (2006) Hasil belajar biologi dengan metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dan metode non PBMP pada siswa yang berkemampuan awal berbeda / oleh Fahlia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi belajar mengejar yang dia4jurkan dalam sistem pendidikan modern adalah strategi yang memungkinkan siswa untuk melakukan proses ilmiah karena podah atdka pe.U lalr a IPAtidak hanyadipandmg sebapi produh tetapi juga dapat diartitan ..Uogi sebuah prosos. Untuk itu diperlukan metode.pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif dan dinamis tidak hanya pasif dan sekedar menunggus ajiany ang akan diberikan oleh guru. Cara untuk meningkatkan keaktifan sisua dapat ditempuh dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran Salah satu metode yang dapat dipergunakan adahh tembirdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBN P). Metode ini terbukti dapatm embantu mengembangkanp enalaran mahasiswa.P BMP disajikan melalui rang[aian atau jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis. Pada perbet latun yang didukung oleh kegiatan praktikum sekalipm pola pembelajaran fu t ap Apertatrantan sekalipun operasionalisasi kegiatan praktikum dibutuhkan p nAti-perintatr teknis. Selain metode pembelajaran yang hans diperhatikan oleh gnr r kernartpuan awal siswa merupakan hal penting yang perlu mendapatkan perhatiarL karena kemampuan awal merupakan prasyarat untuk mempelajari suatu materi pelajaran agar dapat berhasil dengan baik. penltitian i uertujuan mtuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa pengguna metode Pember yaan Berpikir Melalui Per nyam (P-BMP) dan penggBa metde non PBMP (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa dengan tingkat kemampuan awal tinggi sedang dan rendah (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi aoaia metode pembelajaran dan tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar biologi siswa d an (4) mtuk mengietahubi agaimanap enepsi siswa terhadapm etode pembit4aran yang dipergunakan dalam mata pelajaran biologi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa penggrna metode PBMP dan pengguna metode non PBMP (2) ada perbedaan hasil belajar biologia ntaras iswad enganti ngkatk emampuana walt inggi sedangd anr endahd an (3) rdr pengaruhi nteraksi antaram etodep ernbelajarand an tingkat kemampuana wal terhadaph asil belajarb iologi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SLTPN 2 Ngadiluwih Kabup ten Kediri yang tersibar dalam tujuh kelas sedangkans ampely ang diambil adalahd ua kelas yaitu kelas I F dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa sebagai kelompok eksperimeyna ng diajar denganm etode PBMP dan kelas I G denganj umlah siswa sebanya4k7 siswa sebagaki elompok kontrol yang diajar denganm etoden on PBMP. Waktu penelitian ini adalah selama C-awu tr dan awal Cawu III tahun pelajarm200ll2002. Rancangan penelitian yang dipakai adalah rancangan prates dan pascateds argan pemilihan ketompok yang tidak diacak yang telah disesuaikan. Untuk analisis data hasil penelitian dipergunakan analisis kovarian (Anakova) dua jalur sedangkana nalisis hasil pengisian kuesioner dipergunakana nalisis deskriptif ngan persentase. Setelah dilakulsn dnalisis dat4 diperoleh hasil (l) pada awal perlakuan terdapatp erbedaany ang sigrifikan antara hasil belajar siswa penggunam etodeP BMP dan siswa pengguna metode non PBMP tetapi pada akhir perlakuan tidak terdapat perbedaayna ng sigrrifikan antarak eduanya s ehinggab elum dapat dikatakanb ahwa metode PBMP me mberikan pengaruh dalam proses belajar menpjag (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa berkemampuan awal tinggi sedansd an rendah p adak eduam acamm etodep embelajarany ang dipergunakaa( 3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang dipergunakan dengan tingkat kemampuan awal sisw4 terhadap hasil belajar siswa dan (4) siswa merasa senangb elajar denganl embar PBMP karenad apatm emacus emangabt elajar siswa m ningkafikakn altifm siswa dalam menemukanp engeahuany ang diperlukanny4 danm cmupukk eberanians iswad alam mengutarakanp endapat. Berdasarkan hasil penelitian Can pembahasan dalam penelitian ini ada beberapah al yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti yaitu (l) dari penelitian terdahulu terbukti batrwa metode PBMP berpengaruh baik ketika diterapkan di jenjang perguruan tinggi tetapi dalam penelitian ini di mana sampel adalatr siswa SLTP pada akhir perlakuan metode PBMP belum menunjukkan perbedaan yang sigrifikan dengan metode non PBMP sehingga diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh metode PBMP pada jeqiang pendidikan yang lain (2) bagi peneliti berikutnya diharapkan sebelum instrumen penelitian diberikan kepada siswa h ndakfiya diuji coba dan dianalisis terlebih dahulq sehinlg b nar ensr memenuhi laiteria instrumen yang barlq (3) bagl pemerhati metodologi pengajararL dinruryton dapat nenyusun lembar PBMP agar dagat langsung dipergrmakan oleh gurud alamp rosesb elajar mengajar s ehinggag uru dapatl ebih berkonsentraski e arah perkembangabne lajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2006 04:29
Last Modified: 09 Sep 2006 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25333

Actions (login required)

View Item View Item