Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas 1 SLTPN 4 Trenggalek melalui pembelajaran biologi dengan siklus belajar / oleh Anies Sukrisdyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas 1 SLTPN 4 Trenggalek melalui pembelajaran biologi dengan siklus belajar / oleh Anies Sukrisdyana

Sukrisdyana, Anies (2007) Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi pada siswa kelas 1 SLTPN 4 Trenggalek melalui pembelajaran biologi dengan siklus belajar / oleh Anies Sukrisdyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siklusb elajara dalahs uatum odelp embelajarayna ngd ikembangkadne ngan berdasapra daf ilosofi konstruktivismeS. ebagasi uatum odelp embelajarans i klus belajamr erupakanu payam embelajarkasni swat entangs uatuk onsepd enganb erangkatdarpi engalaman/pengetahauwana l siswa.D ari pengetahuaanw al yangtelah dimilikinyate rsebuts iswad ibimbingu ntukm enemukank onsepk emudianm engctahuai taum encarip enerapannydaa lams ituasil ain ataud alamk ehidupans ehari-hari. Siklusb elajary angd ikembangkand alamp enelitiani ni terdiri dari 4 fase/tahapy a itu eksplora(smi enggalpi engetahuaanw al) e ksplanas(pi enemuakno nsep)e kspansi (perluasakno nsep)d ane valuasyi angd apatd iintegrasikanke dalam3 fases iklus belajar. Penelitianin i merupakanp enelitiant indakank elas d i manap ermasalahan yangd iteliti merupakanp ermasalahayna nga dad i kelasI SLTPN4 Trenggaleky a itu rendahnymao tivasib elajard anh asilb elajarB iologi siswa.H al tersebudt itunjukkan oleht ingkahl aku siswad alamk elasy angc enderungra maid ant idak memperhatikan guruy angs edangm engajarS. elaini tu hanyas ekitar1 0-25%s iswak elasI yang mencapakie tuntasabne lajaru ntuk matap elajaranB iologi. Untuk mengataspi ermasalahatenr sebutd ilaksanakanp embelajaraBn iologi dengans iklusb elajar. Penelitianti ndakank elasy angt erdiri dari 2 siklust indakani ni dilaksanakan di SLI N 4 Trenggalekk elasI C. Adapunp enentuanke lasd idasarkanp adao bservasi awald i manam asalahd itemukand i kelast ersebutP. elaksanaapne nelitianm ulai dari observaasiw als ampasi elesainyasi klusk eduad ilaksanakamn ulai tangga2l 6 Maret sampali5 Juni2 002. Motivasis isway angm eliputi aspekk eaktifan k eantusiasand a nk eceriaan dilihatp adas aatk egiatanb elajarm engajard and itentukand enganin strumenu tama yangb erupap edomanp engamata(no bservasi)S. elaini tu juga digunakanin strumen pendukunyga itu angkel siswdaa np edomanw awancarad engans iswa.H asil belajar siswad iukurd enganm enggunakainn strumenb erupat esy angd ibuato leh peneliti bersamgau rum atap elajaranB iologi denganb erpedomapna daT PK yangd irumuskan. U ntukm endukungh asild ari penelitiani ni juga dilakukano bservastie rhadap ketepatagnu ru( peneliti)d alamm enerapkasni klusb elajar.D atap enelitianh asil observasdii analisisd enganc aram enghitungp ersentaskee berhasilatnin dakan kemudiand itentukanta rafkeberhasilannyaS.e dangkadna tay angb erupah asilb elajar siswad ianalisisu ntukd itentukanp ersentassei sway angm encapaki etuntasabne lajar hingga6 5%. l l l t i Hasil penelitranin i menur ukkanb ahwat erdapapt eningkatanm otivasid an hasbile lajarB iologis iswab ila diterapkapne mbelajaraBni ologid engans iklus belajaPr.a das iklust indakant ahapI taraf keberhasilatnin dakanu ntukm otivasis iswa masidha lamk ategoric ukup( persentaskee berhasilanny5a9 33%)s edangkapna da siklutsi ndakant ahapI motivasis iswas udahs angabt aik (persentaskee berhasilannya 8470P).a das iklust indakant ahapI sebanyak7 orangs iswad ari 35 siswad alamk elas (20%y) angm encapaki etuntasanb elajar s edangkapna das iklust indakant ahapI I sebanya2k0 orangs iswad ari 36 sisrvad alamk elas( 55 56%)y angm encapaki etuntasabne lajar. Berdasarkahna silp enelitiani ni disarankana garp arag uruB iologi menerap kans iklusb elajard alamp embelajaradni kelas s ehinggam otivasid anh asilb elajar Biologlie bih meningkatS. elaini tu perlu dilakukanp enelitians ejenisp adak onsep konseBpi ologi yangl ain apakahp enerapansi klusb elajarjugad apatm eningkatkan motivasdia nh asilb elajars iswap adak onsep-konsetpe rsebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item