Studi tentang penggunaan media pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi biologi di SLTP negeri se-kabupaten Kediri / oleh Dina Agustiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang penggunaan media pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi biologi di SLTP negeri se-kabupaten Kediri / oleh Dina Agustiyaningsih

Agustiyaningsih, Dina (2006) Studi tentang penggunaan media pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar bidang studi biologi di SLTP negeri se-kabupaten Kediri / oleh Dina Agustiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan belajar mengajar akan terjadi bila ada interaksi langsung dari siswad engano byeks epertim engamatpi eristiwa-peristiwad ank ondisia lam kehiduparu melalui sumber belajar. Salah satu sumber adalah media pendidikan. Media pendidikanp erlu digunakand alamk egiatanb elajarm engajarM. edia pendidikanm emegangp erananp entingd alamr angkam enciptakans iswab elajar karena melalui media motivasi siswa akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuip enggunaanm edia pendidikan oleh guru Bidang Studi Biologi yangm eliputij enis media c aram emperolehm edia c aram enggtrnakanp e milihan danp ernanfaatans ertak esulitan datam penggunaand alam kegiatan belajar mengajard i SLTP Negeris e-KabupateKn ediri. Sampelp enelitiand iambil dengan teknik sampling wilayah. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Oktober 2001. Jenis penelitian adalahd eskriptifdengairin stnrmenb erupaa ngket.P opulaspi enelitiant erdiri dari 144 gruu Bidang Studi Biologi. Sampel penelitian diambil dengan teknik samplingw ilayah sehinggas ampelp enelitianb erjumlah4 2 gtru dari 21 SLTP Negeri.A nalisisd atay ang dig unakana dalahTeknikA nalisisP ersentase. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwad alamk egiatanb elajarm engajar Guru BidangS tudi Biologi SLTPN egeris e-KabupateKn ediri telahm enggunakan media pendidikan.M edia yang digunakanm eliputi media asli mediat iruan media grafis media papan media cetak dan proyeksi. Cara Guru lidang Studi Biologi memperolehm ediap endidikana dalah t nembuats endirio leh Guru BidangS tudiB iologi (82 1%) d isediakans ekolah( 66 7%)d anm endapadt roping dari pemerintah( 69 1%). Cara menggunakan media pendidikan meliputi kesiapan sebelum menggunakan sampai sesudah menggunakan media menunjukkan ada kesiapan dalam penggunaan media pendidikan dengan adanya penyiapan media petunjuk petrggunaant a ta tertib melakukan beberapak egiatan ketika menggunakanm edia pengecekana lat atau media dan mengadakane valuasi setelahm enggunakan media. Guru Bidang Studi Biologijup memperhatikan beberapa faktor dalam pemilihan media yang meliputi tujuan pembelajaran efektifitas media karakteristik siswa ketersediaanm edia biaya pengadaank ualitas teknis media. Selain itu juga memperhatikan pola pemanfaatan media yang terdiri dari pemanfaatanm edia di dalarn situasi kelas diluar situasi kelas secarab ebasd an terkonfiol pemanfaatanm edia secarap erorangan k elompok dan massal.G uru Bidang Studi Biologi juga mengalami beberapa l esulitan dalam menggunakan mediap endidikan.K esulitan-kesulitanya ngd ihadapig uru BidangS tudiB iologr dalam pengguna n media adalah keterbatasanjumlah medi4 waktu sarana dan prasaranad an heterogenitassi swa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2006 04:29
Last Modified: 09 Sep 2006 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25316

Actions (login required)

View Item View Item