Teknik pengembangan alur cerpen dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA / Ananda Julian Kristanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik pengembangan alur cerpen dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA / Ananda Julian Kristanto

Kristanto, Ananda Julian (2018) Teknik pengembangan alur cerpen dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA / Ananda Julian Kristanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Kristanto Ananda Julian. Teknik Pengembangan Alur Cerpen dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Siti Cholisotul Hamidah M.Pd Kata Kunci cerpen alur buku teks Teks cerpen terdiri dari beberapa unsur pembangun yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Alur adalah salah satu bagian dari unsur intrinsik pembangun cerpen yang berupa bagian penyambung tiap ruang dan waktu pada sebuah kejadian ke kejadian berikutnya dalam sebuah cerita. Penelitian ini penting dilakukan karena alur adalah salah satu unsur yang penting dalam membangun suatu cerpen. Hal ini dimaksudkan agar siswa mengenal lebih jauh gaya penyampaian alur cerita sebagai bentuk pemahamannya dalam teks cerpen dan bukan hanya sekedar sebagai muatan dalam materi untuk mencapai kompetensi. Maka dari itu pemahaman siswa tentang ragam alur penting agar dapat memahami dan menulis cerpen secara kreatif dan variatif. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yakni bagaimanakah model penahapan alur bagaimanakah ragam konflik alur dan bagaimanakah ragam jenis alur cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini berupa contoh teks cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah contoh teks cerpen Robohnya Surau Kami dan Pejuang dalam buku cetak terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Saudagar Jerami dan Sebungkus Permen dalam buku cetak terbitan Erlangga Merdeka dan Matinya Seorang Demonstran dalam buku cetak terbitan Mediatama Banun dalam buku cetak terbitan Quadra Aini dan Burung Kecilnya dan Ke Rumah Presiden dalam buku cetak terbitan Yudhistira. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen yang dibantu dengan instrumen tabel pedoman analisis yang diserati rubrik indikator. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini terbagi menjadi empat tahapan yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian. Pertama pada tahapan alur ditemukan 6 cerpen dengan struktur lengkap dan 3 cerpen dengan struktur alur tidak lengkap. Terdapat pula pengulangan di beberapa tahapan dalam kedua struktur alur tersebut. Tahapan alur yang runtut lebih dominan yaitu pengenalan-konflik-komplikasi-klimaks-peleraian-penyelesaian. Kedua Peneliti membagi klasifikasi konflik menjadi eksternal dan internal dengan konflik eksternal menjadi 2 sub topik yaitu konflik fisik dan sosial. Seluruh klasifikasi tersebut dapat ditemukan dalam sumber data yang diteliti. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya 1 cerpen dengan konflik fisik yaitu menceritakan permasalahan tokoh dengan lingkungan alam. 5 cerpen yang menggunakan konflik sosial yaitu menceritakan permasalahan tokoh dengan tokoh lain. Terakhir 3 cerpen yang menggunakan konflik internal yaitu menceritakan permasalahan tokoh dengan dirinya sendiri. Ketiga ragam jenis alur yang terdapat dalam cerpen di buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMA. Cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia tidak semua menggunakan tahapan-tahapan yang lengkap dan runtut. Walaupun demikian cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia cenderung menggunakan alur maju. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya 7 cerpen yang memiliki alur linier runtut dan peristiwa di dalamnya saling menyebabkan peristiwa selanjutnya. 2 cerpen dengan alur mundur yang tahapan ceritanya tidak runtut sebagian besar awal cerita dimulai dari ii konflik bahkan klimaks. Alur campuran yang peristiwanya disajikan secara acak tidak ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan saran yang dapat diberikan peneliti sebagai berikut. Bagi guru diharapkan menenkankan pentingnya alur sebagai unsur pembangun cerita sehingga pengetahuan tentang alur dapat dijelaskan secara lebih rinci dan mendalam. Bagi penerbit diharapkan memperkaya pengetahuan siswa akan alur dengan memilah contoh teks cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia yang lebih beragam dan berbeda-beda dalam hal penahapan alur ragam konflik dan ragam jenis alur dan memilih teks cerpen yang berbobot sehingga kaya akan unsur sastra di dalamnya. Diharapkan dengan lebih selektif dalam pemilihan contoh teks cerpen dalam buku teks bahasa Indonesia pengetahuan siswa akan alur akan semakin dalam dan kaya sehingga nantinya dalam kegiatan menulis siswa dapat mengeksplorasi ide-ide cerita ke dalam alur yang luwes dan variatif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam mengadakan penelitian sejenis pada aspek lain. Peneliti selanjutnya juga diharapkan dapat mengadakan penelitian sejenis yang kemudian dikembangkan menjadi penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253141

Actions (login required)

View Item View Item