Efektivitas model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama di SMP/MTs / Fahrizal Septiananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama di SMP/MTs / Fahrizal Septiananda

Septiananda, Fahrizal (2018) Efektivitas model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama di SMP/MTs / Fahrizal Septiananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Septiananda Fahrizal. 2018. Efektivitas Model Copy Writing dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Di SMP/Mts. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Mustofa Kamal S.Pd M.Sn. Kata kunci model copy writing menulis naskah drama keterampilan menulis Menulis naskah drama adalah salah satu keterampilan menulis yang dikembangkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP/MTs. Dalam kegiatan menyusun naskah drama siswa dituntut untuk mengembangkan unsur lain yang menjadi kekuatan naskah sehingga lebih mantap dan hidup baik dari aktualitas tema alur penggambaran tokoh maupun seting dan penyusunan dialog. Pada kenyataanya menulis naskah drama masih saja menimbulkan permasalahan seperti kesulitan dalam memunculkan ide maupun mengembangkan ide menjadi naskah drama. Salah satu faktor munculya permasalahan tersebut adalah rendahnya peran guru dalam membina siswa agar terampil menulis. Model copy writing adalah model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Model copy writing dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan imajinasi melalui kegiatan meniru memodifikasi dan mengkreasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama di SMP/MTs. Secara lebih khusus penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui efektivitas model copy writing pada aspek penokohan (2) mengetahui efektivitas model copy writing pada aspek alur (3) mengetahui efektivitas model copy writing pada aspek tema (4) mengetahui efektivitas model copy writing pada aspek setting dan (5) mengetahui efektivitas model copy writing pada aspek dialog. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model copy writing sedangkan variabel terikat adalah pembelajaran menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Malang yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah 144 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti memilih dua dari enam kelas yang ada sebagai sampel. Peneliti memilih kelas VIII A yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII B yang berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol. Wujud data dalam penelitian ini berupa skor hasil menulis naskah drama yang bersumber dari karya siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari hasil pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu (1) uji normalitas dan (2) uji homogenitas. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini bersifat normal dan varian data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji-t sampel vii tidak berpasagan (Independent Samples T-Test) dengan taraf keberterimaan signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menulis naskah drama menggunakan model copy writing lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan model copy writing. Efektivitas model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama hanya terletak pada aspek alur dengan perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata aspek tema penokohan alur setting dan dialog kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Akan tetapi skor rata-rata aspek tema penokohan setting dan dialog pada kelas eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas kontrol sehingga model copy writing tidak efektif pada keempat aspek tersebut. Sesuai dengan tahap-tahap model copy writing yakni meniru memodifikasi dan mengkreasikan siswa hanya sampai pada tahap meniru. Kecenderungan siswa yang bergantung pada teks model menyebabkan model pembelajaran ini hanya efektif pada aspek alur. Siswa tidak mampu berfikir kreatif dan imajinatif untuk memodifikasi dan mengkreasikan cerita menjadi naskah drama. Bagi guru apabila ingin menerapkan model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama guru perlu memerhatikan dan mencari alternatif solusi untuk mengekfetifkan model copy writing pada aspek tema penokohan setting dan dialog. Guru dapat mencoba menerapkan teknik ini menggunakan ide penulisan yang menarik seperti film atau gambar bergerak dan menerapkan latihan-latihan agar siswa dapat megembangkan imajinasi dan kreativitas dengan baik. Bagi penelitian lain apabila ingin menerapkan model copy writing dalam pembelajaran menulis naskah drama peneliti dapat memodifikasi langkah-langkah model copy writing untuk memaksimalkan pembelajaran menulis naskah drama untuk melatih mengembangkan imajinasi dan kreativitas untuk memodifikasi dan mengkreasikan naskah drama. Model ini juga dapat dicoba diterapkan dalam pembelajaran menulis karya sastra yang lainnya seperti menulis cerpen dan puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253140

Actions (login required)

View Item View Item