Analisis penalaran dalam paragraf siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Ananda Septi Kartika Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penalaran dalam paragraf siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Ananda Septi Kartika Putri

Putri, Ananda Septi Kartika (2019) Analisis penalaran dalam paragraf siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang tahun ajaran 2017/2018 / Ananda Septi Kartika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Ananda Septi Kartika. 2019.AnalisisPenalaranSiswadalam MenulisParagraf. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa Jurusan Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. PembimbingDr. H. Imam Agus Basuki M.Pd Kata Kunci penalaran paragraf. Penalaran merupakan suatu proses berpikir manusia untuk menghubungkan data atau fakta yang ada sehingga sampai pada satu kesimpulan.Kegiatan berpikir berkaitan dengan penalaran karena penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam bentuk menarik kesimpulan yang berupa pengetahuan. Pengetahuan yang dihasilkan merupakan pengetahuan yang benar. Kegiatan berpikir untuk menghasilkan pengetahuan yang benar berbeda-beda karena sesuatu yang disebut benar bagi tiap orang tidak sama. Setiap jalan pikiran memiliki kreteria kebenaran dan kriteria kebenaran itu merupakan landasan bagi proses penemuan kebenaran tersebut. Penalaran siswa dalam menulis paragraf bervariasi. Variasi tersebut diantaranya mengembangkan topik dan menggabungkan dalam sebuah kalimat maupun paragraf yang utuh. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan penalaran siswa dalam menulis paragraf yang terdapat pada karangan yang ilmiah.Pertama penalaran siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam menulis paragraf ditinjau dari letak ide pokok. Kedua penalaran siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam menulis paragraf ditinjau dari urutan logis.Ketiga penalaran siswa kelas X SMK Negeri 11 Malang dalam menulis paragraf ditinjau dari fungsi isi paragraf. Pentingnya penelitian ini didasarkan pada beberapa alasan berikut. Pertama belum ada penelitian tentang penalaranpada paragraf siswa kelas X KPR-3 SMK Negeri 11 Malang. Kedua penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X KPR-3 SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah analisis teks.Data penelitian ini adalah verbal yang berupa penalaran. Data berupa paparan verbal diperoleh dari tes menulis dan dianalisis berdasarkan pedoman analisis penalaran paragraf yang terdiri atas letak ide pokok urutan logis dan fungsi isi paragraf.Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Tes yang digunakan dalam peneliti ini berisi perintah dan petunjuk menulis paragraf. Setelah tes paragraf terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pedoman analisis penalaran paragraf. Hasil dari analisis tersebut ditulis dalam format analisis penalaran paragraf sehingga diperoleh paparan mengenai (1) penalaran paragraf ditinjau dari letak ide pokok (2) penalaran paragraf ditinjau urutan logis dan (3) penalaran paragraf ditinjau dari fungsi isi paragraf. Berdasarkan data yang diperoleh siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang melakukan dua variasi penalaran dalam paragraf ditinjau dari letak ide pokok yaitu (1) penalaran deduktif dan (2) penalaran induktif. Pertama ditemukan empat variasi penalaran deduktif yaitu (1) ide pokok penalaran dedukif variasi percakapan (2) ide pokok penalaran deduktif variasi sebab tanpa akibat (3) ide pokok penalaran deduktif variasi sebab-akibat dan (4) ide pokok penalarandeduktif variasi dua kesimpulan. Kedua ditemukan tiga variasi penalaran induktif yaitu (1) ide pokok penalaran induktif terdapat contoh (2) ide pokok penalaran induktif terdapat kalimat ajakan dan (3) ide pokok penalaran induktif terdapat kalimat ajakan dan tujuan. Berdasarkan data yang diperoleh siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang melakukan dua variasi penalaran dalam paragraf ditinjau dari urutan logis yaitu (1) urutan tempat dan (2) urutan waktu. Pertama ditemukan satu variasi urutan tempat yaitu (1) urutan tempat dengan penalaran yang baik. Kedua ditemukan dua variasi urutan waktu yaitu (1) urutan waktu secara tersirat dan (2) urutan waktu secara tersurat. Berdasarkan data yang diperoleh siswa kelas X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang melakukan enam penalaran dalam paragraf ditinjau dari fungsi isi paragraf yaitu (1) definisi luas (2) contoh (3) perbandingan dan pertentangan (4) sebab-akibat (5) klasifikasi dan (6) analogi. Pertama ditemukan dua variasi definisi luas yaitu (1) definisi luas dengan penjelasan menggunkan kata benda dan (2) definisi luas dengan penjelasan menggunakan wujud. Kedua ditemukan satu variasi contoh yaitu (1) contoh dari segi jenis. Ketiga . ditemukan dua variasi perbandingan dan satu variasi pertentangan yaitu (1) perbandingan mengandung opini (2) perbandingan mengandung fakta dan (3) pertentangan dengan konjungsi meskipun. Keempat . ditemukan dua variasisebab-akibat yaitu (1) akibat-sebab dan (2) sebab-akibat. Kelima ditemukan dua variasiklasifikasi yaitu (1) kalsifikasi kompleks dan (2) klasifikasi sederhana. Keenam ditemuka satu variasianalogi yaitu (1) analogi argumentatif. Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan dua saran. Pertama guru harus lebih bervariasi dalam memberikan materi dan selalu melatih siswa dalam bernalar supaya penalaran siswa lebih kreatif. Kedua untuk peneliti selanjutnya disarankan supaya lebih memperbanyak data. Pada penelitian ini data masih kurang karena penalaran siswa kurang bervariasi dalam menjabarkan topik utama sehingga data yang didapatkan peneliti sedikit. Penelitian ini hanya melihat dari penalarannya saja peneliti selanjutnya disarankan untuk melihat dari segi kesalahan nalar juga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253119

Actions (login required)

View Item View Item