Roqhmah, Miftahul (2019) Pengembangan instrumen evaluasi HOTS materi sistem respirasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Singosari / Miftahul Roqhmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Roqhmah Miftahul. 2019. Pengembangan Instrumen Evaluasi HOTS Materi Sistem Respirasi untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dr. Vivi Novianti S.Si. M.Si. Kata Kunci instrumen evaluasi HOTS materi sistem respirasi kemampuan berpikir tingkat tinggi Pendidikan pada abad 21 menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang tidak sekedar mengingat (recall) menyatakan kembali (restate) atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Pengembangan instrumen evaluasi HOTS untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Singosari dilakukan karena proses pembelajaran biologi yang dilakukan belum mampu mendukung pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan belum tersedianya instrumen evaluasi yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen evaluasi HOTS RPP dan LKS materi sistem respirasi (2) menguji validitas logis instrumen evaluasi HOTS RPP dan LKS materi sistem respirasi (3) menganalisis butir soal instrumen evaluasi HOTS dalam bentuk soal uraian yang telah dilakukan uji coba terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Singosari (4) menguji kepraktisan instrumen evaluasi HOTS RPP dan LKS materi sistem respirasi dan (5) menguji keefektifan instrumen evaluasi HOTS. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analyze Design Develop Implement dan Evaluate.Produk pengembangan utama berupa instrumen evaluasi HOTS dalam bentuk soal uraian yang dilengkapi dengan RPP dan LKS.Data yang diperoleh berupa kuantitatif dan kualitatif.Data kuantitatif berupa hasil validasi oleh ahli hasil angket respon pengguna hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran inkuiri terbimbing dan skor hasil ulangan harian siswa yang diukur menggunakan instrumen evaluasi HOTS.Adapun data kualitatif berupa saran serta masukan dari validator dan pengguna. Hasil validasi ahli asesmen menunjukkan bahwa instrumen evaluasi HOTS memiliki validitas logis sebesar 100% (sangat valid) kualitas soal instrumen evaluasi HOTS sebesar 88 45% (sangat valid) RPP sebesar 94 23% (sangat valid) dan LKS sebesar 88 46% (sangat valid). Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa instrumen evaluasi HOTS memiliki persentase validitassebesar 100% (sangat valid) RPP sebesar 100% (sangat valid) dan LKS sebesar 91 67% (sangat valid). Hasil validasi oleh praktisi lapangan menunjukkan vi bahwa instrumen evaluasi HOTS memiliki persentase validitassebesar 100% (sangat valid) RPP sebesar 96 94% (sangat valid) dan LKS sebesar 94 32% (sangat valid). Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa instrumen evaluasi HOTS yang dikembangkan memiliki kualifikasi kepraktisan dengan kategori praktis.Hasil analisis butir soal menggunakan program ANATES menunjukkan bahwa instrumen evaluasi HOTS yang dikembangkan memiliki tingkat kesukaran soal dengan kategori baik daya pembeda diterima dan reliabilitas instrumen evaluasi HOTS yang tinggi. Setelah dilakukan uji coba produk kelompok besar diperoleh hasil bahwa instrumen evaluasi HOTS RPP dan LKS memiliki kualifikasi kepraktisan dengan kategori sangat praktis. Rerata skor hasil ulangan harian siswa sebesar 43 46 menunjukkan bahwa instrumen evaluasi HOTS yang dikembangkan termasuk dalam kategori efektif. Hasil ini dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil observasi keterlaksanaan sintaks inkuiri terbimbing yaitu sebesar 96 79% (sangat baik). Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen evaluasi HOTS RPP dan LKS yang dikembangkan sangat valid sangat praktis dan cukup efektif untuk mengukur dan melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25309 |
Actions (login required)
View Item |