Rokhmah, Ismi Lailatul (2019) Pengembangan instrumen soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi kelas X SMA di Kota Malang / Ismi Lailatul Rokhmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rokhmah Ismi Lailatul. 2018. Pengembangan Instrumen Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi Kelas X SMA di Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Drs. I Wayan Sumberatha M.Sc. Kata kunci evaluasi instrumen soal berpikir kreatif ekologi Pembelajaran tidak pernah lepas dari dunia pendidikan. Pencapaian hasil pembelajaran dapat diketahui melalui proses evaluasi. Evaluasi biasanya dilakukan dengan tes dan non tes. Evaluasi berupa tes harus menggunakan instrumen yang digunakan sebagai tolak ukur kemampuan seorang siswa. Disebutkan bahwa tuntutan abad XXI dan salah satu tujuan kurikulum 2013 yaitu mempersiapkan manusia yang kreatif sedangkan di lapangan pemberian evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa terutama di mata pelajaran biologi masih belum diterapkan dengan maksimal. Oleh karena itu diperlukan alat evaluasi berupa instrumen soal yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrumen soal yang bersifat open-ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi kelas X SMA di Malang yang valid dan reliabel.Objek penelitian ini adalah siswa kelas X dari tiga sekolah dengan nilai akreditasi A yaitu SMA Negeri 8 Malang dan SMA Laboratorium serta terakreditasi B yaitu SMA Surya Buana Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian pengembangan model 4-D (Four D Models) menurut Thiagarajan yang terdiri atas empat tahap utama yaitu define(Pendefinisian) design (Perancangan) develop(Pengembangan) dan disseminate (Penyebaran). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap developedengan mempertimbangkan estimasi waktu yang relatif singkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen soal yang diujikan pada 128 siswa dinyatakan valid sesuai ketentuan rumus korelasi pearson dengan Rhitung yang lebih besar dibandingkan Rtabel (0 146) dan reliabelitasnya tinggi dengan nilai 0 73 sedangkan nilai kemampuan kreatif siswa dari tiga sekolah tersebut adalah (1) SMA Negeri 8 Malang fluency sebesar 42 75% originality 60 75% elaboration 66% flexibility 55 75% dan metaphorical thingking 56 75% (2) SMA Laboratorium Malang fluency sebesar 63% originality 82 25% elaboration 69 5% flexibility 69 75% dan metaphorical thingking 79 75% (3) SMA Surya Buana Malang fluency sebesar 42 75% originality 28 5% elaboration 33 25% flexibility 42 75% dan metaphorical thingking 31%. Perbedaan nilai tersebut disebabkan oleh kurang maksimalnya penerapan pembelajaran dan evaluasi yang dapat melatih kemampuan berpikir kreaif juga bisa disebabkan dari kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung siswa dalam melatih kemampuan berpikir kreatifnya.Sebaiknya guru lebih intensif dalam memberikan pembelajaran dan evaluasi yang dapat melatih kemampuan siswa dalam berpikir kreatif terutama pada KD 3.10 dan 4.10 mata pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25306 |
Actions (login required)
View Item |