Pengembangan e-media interaktif untuk mengatasi miskonsepsi pada materi katabolisme peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Lumajang / Docilis Safira Febrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-media interaktif untuk mengatasi miskonsepsi pada materi katabolisme peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Lumajang / Docilis Safira Febrianti

Febrianti, Docilis Safira (2019) Pengembangan e-media interaktif untuk mengatasi miskonsepsi pada materi katabolisme peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Lumajang / Docilis Safira Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN E-MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI KATABOLISME PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG Docilis Safira Febrianti1 Hadi Suwono2 Sulisetijono3 Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Jl. Semarang No. 5 Malang email docilissafira98 gmail.com ABSTRAK Pelaksanaan proses pembelajaran tidak terlepas dari pemanfaatan bahan ajar yang beraneka ragam. Di era digital bahan ajar interaktif menjadi inovasi bagi pendidikan ke arah yang lebih bermutu. Secara konsep materi katabolisme memiliki banyak konsep abstrak dengan kompleksitas tinggi. Kebanyakan peserta didik di SMA Negeri 2 Lumajang sekitar 65% masih mengalami kesulitan dalam memahami materi katabolisme. Oleh karena itu peneliti mengembangkan e-media interaktif berbasis android untuk mengatasi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep materi katabolisme. Sebelum diimplementasikan ke tiga kelas pembelajaran meliputi (1) guru mereview materi tanpa menggunakan media (2) guru mereview materi menggunakan media (3) peserta didik mereview materi secara mandiri menggunakan media media yang dikembangkan perlu divalidasikan ke ahli materi ahli media dan praktisi lapangan. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan skor validitas 100% sangat valid sedangkan hasil validasi dari praktisi lapangan menunjukkan skor validitas 82 29% sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan e-media interaktif berbasis android secara mandiri maupun di bawah bimbingan guru terbukti dapat menurunkan miskonsepsi sebesar 50-62 5% dan meningkatkan pemahaman konsep sebesar 73 1-83 3% pada materi katabolisme. Kata Kunci katabolisme konsep abstrak dengan kompleksitas tinggi miskonsepsi pemahaman konsep e-media interaktif berbasis android

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item