Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir induktif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 7 Malang / Yunita Dewy

Dewy, Yunita (2019) Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir induktif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 7 Malang / Yunita Dewy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Dewy, Yunita. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Induktif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M.Si. (II) Drs. Masjhudi, M.Pd. Kata Kunci: pembelajaran discovery, kingdom animalia, berpikir induktif, hasil belajar kognitif. Kemampuan berpikir induktif merupakan salah satu keterampilan yang penting dimiliki oleh siswa, selain dapat dilatih dan ditransfer, berpikir induktif juga merupakan bagian dari penalaran ilmiah yang mendasari tingkat literasi sains siswa. Model pembelajaran discovery merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa terlibat aktif dalam membangun konsepnya sendiri melalui kegiatan merumuskan masalah, mengumpulkan data, mengolah data, memverifikasi data, dan menyimpulkan. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir induktif dan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 3 SMAN 7 Malang. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) Observasi, (d) refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara guru matapelajaran biologi untuk mencari masalah yang ada di kelas, observasi oleh observer untuk mengetahui keterlaksanaan tindakan dengan model discovery, serta pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir induktif dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir induktif dan hasil belajar kognitif siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran discovery mengalami peningkaatan dari siklus I ke siklus II dan termasuk kedalam kategori sangat baik. Penerapan model pembelajaran discovery, kemampuan berpikir induktif siswa ke arah yang lebih baik. Hal ini ditunjukkan oleh rerata nilai kemampuan berpikir induktif yang meningkat dari siklus I ke siklus II untuk X IPA 1 dari 75,74 menjadi 80,51, X IPA 2 dari 76,90 menjadi 81,29, dan X IPA 3 dari 76,06 menjadi 81,21. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan oleh rerata nilai untuk X IPA 1 yaitu 76,47 pada siklus I menjadi 81,37 pada siklus II, X IPA 2 yaitu 77,78 pada siklus I menjadi 82,43 pada siklus II, dan X IPA 3 yaitu 78,59 pada siklus I menjadi 83,84 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25304

Actions (login required)

View Item View Item